4 Langkah yang Bisa Kamu Lakukan saat Dipecat Perusahaan, Tetap Optimis!

Milawati Mila
4 Langkah yang Bisa Kamu Lakukan saat Dipecat Perusahaan, Tetap Optimis!
Ilustrasi dipecat (freepik.com/master1305)

Di antara mimpi buruk yang sangat ditakuti para karyawan, adalah pemecatan. Apalagi bagi tulang punggung keluarga yang hanya mengandalkan gaji yang didapat selama ini untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dipecat pasti membuat hati ketar-ketir karena takut nantinya susah mendapat pekerjaan.

Meski bisa dibilang tidak ada karyawan yang mau dipecat, terkadang kenyataan berkata lain. Untuk itu, artikel kali ini akan membahas langkah apa saja yang dapat dilakukan apabila mendapat kejadian tak mengenakkan tersebut, yakni dipecat.

Mengutip laman fatherly, ada beberapa tips yang dapat dilakukan karyawan saat mengalami pemecatan. Mari ikuti ulasannya.

1. Coba lakukan negosiasi

Jika memungkinkan, coba lakukan negosiasi terlebih dahulu. Apakah kamu bisa ditempatkan di posisi lain, atau di perusahaan sama tapi lokasinya berbeda.

Mungkin memang kondisi pekerjaan yang baru tidak ideal. Tapi, setidaknya mencari pekerjaan baru akan jauh lebih mudah ketika kamu masih sedang bekerja, dibanding ketika sedang menganggur.

2. Jaga sikap profesional

Kendati kamu kecewa atau sedih, jangan biarkan emosimu malah merusak reputasi yang sudah dibangun selama ini. Tetap jaga profesionalitas, misalnya terima keputusan tersebut dengan lapang dada dan tidak bersikap kasar terhadap pihak manajemen perusahaan.

3. Tetap tenang dan lakukan evaluasi

Jangan langsung buru-buru melamar pekerjaan baru ketika mendapat berita pemecatan. Coba ambil waktu untuk menenangkan diri, sambil lakukan evaluasi.

Fase ini penting sekali agar kamu bisa beradaptasi dengan keputusan yang bisa jadi gak disangka sama sekali. Ketika sudah tenang, biasanya kamu jadi bisa berpikir jernih dan menentukan tindakan selanjutnya yang tepat.

4. Mulai mencari pekerjaan

Setelah sudah tenang, dan kamu pun sudah melakukan evaluasi kekurangan dan kelebihan selama menjadi karyawan, langkah selanjutnya adalah melamar pekerjaan. Bagi yang sudah terkendala usia mungkin akan sangat menantang.

Akan tetapi, tetaplah optimis. Toh, bersikap pesimis gak bikin kamu diterima pekerjaan dengan cepat, kan? Jadi, jaga saja sikap positif.

Dipecat memang tidak menyenangkan. Akan tetapi, yang perlu diingat hal tersebut bukanlah akhir dunia. Ada banyak pekerjaan serta cara mendapat penghasilan yang tersedia. Yang penting, selalu berusaha dan berdoa, ya!

Sumber :https://www.fatherly.com/life/what-to-do-when-you-get-fired

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak