Pasangan Boros, Apa yang Harus Dilakukan?

Aghniya Ilma Hasan
Pasangan Boros, Apa yang Harus Dilakukan?
Ilustrasi pasangan boros. (unsplash.com/@mathieustern)

Yang namanya manusia, pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Termasuk pasangan kita yang tidak luput dari ketidaksempurnaan.

Kendati demikian, meski sudah mencoba memahami sifatnya, ada saja karakternya yang tidak bisa kita suka. Misalnya perilaku boros sampai dompet tipis terus.

Apalagi jika borosnya karena ingin memberi makan gengsi. Wah, paling benci deh! Karena ketika tujuannya untuk gengsi semata, kita jadi berpikir bahwa kebahagiaan hanya dinilai dari kepemilikan merek tertentu yang melambangkan status sosial.

Tidak masalah sih jika sesekali membeli barang mahal, tapi jika itu mengakibatkan boros, lebih baik segera ditangani. Lalu bagaimana cara menghadapi pasangan yang boros untuk hal yang kurang penting? Simak tipsnya yuk!

1. Rajin-rajin diskusi finansial

Ini bisa dilakukan setidaknya 2x sebulan sambil mengevaluasi apa saja yang selama ini dilakukan. Di momen ini, kita juga bisa sambil mengingatkan pasangan terkait tujuan finansial dan mimpi bersama yang tidak akan bisa tercapai jika dia terus menerus bersikap boros.

Tapi ingat, untuk menyampaikan hal ini, selalu gunakan kepala dingin. Jangan sambil marah-marah, karena bisa-bisa malah runyam urusannya.

2. Coba buat rekening happy-happy

Artinya, ada rekening khusus yang disediakan untuk hiburan. Tapi sebelum itu, pastikan biaya hidup 1 bulan, cicilan, dan uang tabungan sudah dipisahkan ke rekening utama. Baru setelah itu, sisanya dialokasikan untuk rekening hiburan.

Selain itu, bisa juga dibatasi anggarannya. Misal 5% dari penghasilan saja setiap bulannya. Tidak perlu banyak, karena pasti kebutuhan hidup lain pun perlu dipenuhi.

3. Ajarkan cara agar tidak boros

Jika memang kebiasaan dan sikap finansial kita lebih baik dari pasangan, maka tugas kita adalah mengajarinya. Tidak ada gunanya juga jika kita terus menyalahkan.

Caranya, bisa dimulai dengan belanja bersama sesuai rencana anggaran. Bisa juga ajak pasangan untuk bersama-sama menjalani tantangan menabung (misal: menabung setiap ada uang senilai 10ribu di dompet).

Jadi begitulah caranya untuk menghadapi pasangan yang boros. Seringkali, prosesnya menghabiskan waktu lama, karena bagaimana pun boros adalah karakter lamanya. Kuncinya: selalu sabar, konsisten, dan apresiasi setiap perubahan kecil dari pasangan kita. Semoga berhasil! 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak