Jangan Terpancing, 4 Hal dalam Diri Ini Patut Kita Kendalikan

Sapta Stori
Jangan Terpancing, 4 Hal dalam Diri Ini Patut Kita Kendalikan
Ilustrasi seorang wanita yang menaruh tangan di dada (unsplash.com/Fa Barboza)

Kita kerap diingatkan untuk bersikap lapang dada atas hal-hal yang tak bisa kita kendalikan agar mampu menjalani hidup dengan lebih tenang. Namun, kita juga tak boleh lupa bahwa ada berbagai hal yang juga patut untuk kita kendalikan, terutama menyangkut apa yang ada dalam diri kita sendiri, seperti beberapa hal berikut ini:

1. Emosi dan perasaan

Seseorang yang pandai mengendalikan emosi dan perasaannya menjadi salah satu ciri orang yang mampu bersikap bijak dalam menghadapi suatu peristiwa atau permasalahan. Orang yang tak bisa mengendalikan emosinya seringkali bertindak gegabah, tidak mampu berpikir jernih, dan terlalu melibatkan perasaan dalam setiap keputusan yang diambilnya. Selain itu, ia juga mudah tersinggung, serta mudah pula menyakiti orang lain.

2. Keinginan

Jika kita tidak pandai mengendalikan keinginan, kita akan terjerumus pada perilaku berlebih-lebihan yang akan merusak diri dan kehidupan kita sendiri. Kita juga akan sengsara akibat stres yang mudah sekali muncul ketika keinginan kita tidak terpenuhi.

Bayangkan jika kita tidak mengendalikan keinginan untuk makan secara berlebihan, misalnya, kemungkinan besar kita akan terjebak pada pola hidup yang tidak sehat. Contoh lainnya, ketika kita tidak menahan hasrat kita untuk berbelanja, maka kita akan terjerat perilaku konsumtif dan boros.

3. Ucapan

Tak sedikit orang yang kerap lalai dalam mengendalikan lisannya, sehingga ia mudah mengumbar janji yang tidak pernah ditepatinya, mudah berbicara tentang keburukan orang lain, terlalu sering berkeluh kesah atau asal berucap tanpa memperhatikan perasaan orang lain.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengendalikan setiap ucapan kita dengan mengatakan hal-hal yang baik dan bermanfaat. Jika tidak, alangkah lebih baik bagi kita untuk diam, terutama jika kita hanya mengetahui sedikit saja pengetahuan mengenai hal tersebut.

4. Pikiran

Kemampuan kita dalam mengendalikan pikiran akan menghasilkan ketenangan, serta membantu kita untuk menghadapi segala sesuatu dengan penuh keyakinan dan prasangka baik. Tak hanya itu, pengendalian pikiran yang baik juga membuat kita fokus dalam menjalani kehidupan.

Demikian empat hal dalam diri yang patut untuk kita kendalikan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak