4 Tips Meraih Goals, Jangan Salah Fokus!

Dian Haerani
4 Tips Meraih Goals, Jangan Salah Fokus!
ilustrasi orang fokus (pixabay/StockSnap)

If you want to achieve your goals, don’t focus on them.~Reggie Rivers

Benar sekali. Kalau kita memiliki suatu tujuan yang ingin dicapai, jangan fokus pada tujuan tersebut, tapi fokuslah pada perjalanan menuju kesana. Seringkali kita menentukan sebuah tujuan, kemudian mengandalkan diri kita di masa depan untuk mencapai tujuan tersebut dan berharap akan benar-benar mencapainya. Padahal satu-satunya orang yang harus mewujudkan tujuan kita adalah diri kita sendiri. Diri kita di masa depan itu tidak ada, yang ada hanya kita di masa ini. Yap, diri kita yang sekarang.

Lalu bagaimana sebenarnya cara mencapai goals atau tujuan kita tanpa fokus terhadap hal tersebut? Ini dia empat tips yang perlu dilakukan.

1. Buat Road Map Menuju ‘Kesana’

Jadilah realistis. Tidak ada hal yang begitu instan di dunia ini. Semuanya membutuhkan waktu dan proses untuk benar-benar terwujud. Sebelum beraksi untuk meraih tujuanmu, tulislah hal-hal yang perlu kamu lakukan dan kapan saja kamu perlu melakukannya. Tuliskan secara detail agar kamu tidak merasa kebingungan di tengah jalan nanti. Langkah demi langkahnya harus jelas agar tujuanmu bisa tercapai.

2. Jangan Menggebu-Gebu

Ketika kamu menemukan suatu tujuan yang benar-benar membuatmu excited hanya dengan membayangkannya saja, kamu biasanya akan sangat menggebu-gebu untuk segera meraihnya. Tapi cobalah tenang dan jangan terburu-buru. Takutnya kamu malah loyo di tengah jalan dan tidak bersemangat menjalankan misi meraih tujuanmu itu.

3. Pikirkan Saat Jalani Proses Bukan Hasil

Misalnya kamu ingin menerbitkan sebuah novel, awalnya kamu terus membayangkan dirimu yang sudah berhasil jadi seorang penulis novel yang sukses. Tapi hey, kalau kamu sibuk berpikir begitu biasanya goalsmu malah tidak akan terwujud. Pikirkan saja dirimu yang terus menulis, melakukan riset, dan mengedit naskahmu menjadi lebih baik setiap hari. Dengan begitu kamu lebih ingin melakukan hal-hal tersebut daripada hanya berkhayal akan segera berhasil. Toh, masa-masa mewujudkan tujuan itu lebih berharga daripada meraih tujuan itu sendiri.

4. Konsisten

Kunci dari segala perjalanan adalah konsisten. Kamu mungkin akan merasa bosan, kelelahan, atau bahkan stres. Tapi percayalah, kamu akan menjadi lebih baik setiap harinya kalau kamu konsisten. Dengan konsisten, kamu sebenarnya juga satu langkah lebih dekat menuju goals yang kamu tetapkan.

Itu dia tips mencapai goals yang cukup efektif untuk dilakukan. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak