4 Hal Sederhana Ini Bisa Membuatmu Lebih Pintar, Berani Mencobanya?

oce blue
4 Hal Sederhana Ini Bisa Membuatmu Lebih Pintar, Berani Mencobanya?
Ilistrasi seorang yang pintar.[Pexels/Andrea Piacquadio]

Memiliki kemampuan yang lebih dari orang lain bisa membantu kita dalam banyak hal, terutama dalam menyelamatkan diri sendiri dan juga orang lain. Dengan kemampuan tersebut juga bisa membuat seseorang menjadi pusat perhatian dan menonjol. Kemampuan yang lebih tersebut juga bisa menjadi bekal buat seseorang untuk hidupnya. 

Berikut ada 3 cara yang bisa kamu lakukan agar menjadi lebih pintar dari kebanyakan orang. 

1. Melakukan cara terbaik dalam melakukan sesuatu

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mempunyai tekad untuk mengerjakan suatu hal dengan cara paling baik. Jika kita sudah berniat melakukannya, selanjutnya adalah berusaha mewujudkannya. Mencari jalan atau cara paling tepat untuk menyelesaikannya. Jika kita sudah berfikir demikian, maka hasilnya juga pasti akan maksimal.

Otak dan kemampuan kita menjadi lebih terasah. Apapun yang sedang kita hadapi, semuanya harus kita selesaikan dengan cara terbaik yang bisa kita lakukan. Jangan pelit ataupun merasa malas. Hanya sebagian orang yang bisa menerapkan prinsip ini. Jika kamu salah satunya, tentu kamu sudah satu langkah lebih maju dari orang-orang yang ada di sekitarmu. 

2. Menganalisa setiap peristiwa

Tidak ada ruginya jika kita menjadi sosok yang sering bertanya dalam hal apapun, terutama ilmu pengetahuan. Kita harus bisa berfikir kritis dalam segala sesuatu. Mencari suatu hal sampai detail yang paling kecil. Jika kita melakukan hal ini, tentu wawasan kita akan bertambah luas.

Berusahalah untuk selalu mencari tahu apa saja hal yang memang masih kamu ragukan. Tidak salah jika kita selalu penasaran dengan hal-hal yang memang belum kita ketahui. Haus dengan ilmu pengetahuan juga salah satu sikap positif yang harus kita kembangkan. 

3. Selalu mencari pembelajaran dari setiap kejadian

Tidak semua kejadian itu akan membuat kita menjadi mengeluh dan putus asa. Orang cerdas akan mengulik pelajaran yang dapat diambil dari setiap kejadian. Tidak mudah mengeluh dan juga selalu berpikiran positif. Ini adalah salah satu sikap baik yang harus selalu kita terapkan.

Jangan berfokus hanya pada satu sisi yang mungkin terlihat negatif. Apapun kejadiannya, semua memiliki hikmah di dalamnya. Jika kita selalu berpikiran positif, tentu pikiran kita akan menjadi lebih rileks dan tenang. Tapi untuk kebanyakan orang, hal ini sedikit sulit untuk dilaksanakan. Maka dari itu jangan berfikir jangka pendek, tapi jangka panjang. 

Menjadi lebih pintar dari orang lain tidak harus kita tunjukkan secara gamblang. Beberapa hal yang tidak terlihat justru sudah cukup membuktikan bahwa kita bisa lebih dari orang lain. Banyak hal yang tidak boleh kita tunjukkan kepada orang lain. Akan lebih baik mereka mengetahuinya dengan sendirinya. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak