4 Cara Paling Ampuh Mengatasi Konflik dengan Dosen

Dhelvin Agung
4 Cara Paling Ampuh Mengatasi Konflik dengan Dosen
Ilustrasi dosen dan mahasiswa. (pexels/fauxels)

Mungkin saja tidak banyak yang mengetahui bahwa di universitas, bukan hanya proses belajar mengajar yang terjadi. Sebab, terkadang hanya masalah karena salah paham atau lainnya, bisa membuat kamu konflik dengan dosen. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir. Sebab, ada sejumlah cara di bawah ini untuk mengatasi hal tersebut dengan baik.

Berikut ini 4 cara paling ampuh mengatasi konflik dengan dosen.

1. Jangan Menganggap Remeh

Ketika kamu konflik dengan dosen. Maka, kamu jangan pernah menganggap remeh hal tersebut. Sebab, hal tersebut memang sangat tidak pantas untuk dilakukan. Untuk itu, agar konflik tersebut tidak terus terjadi. Hal yang bisa kamu lakukan adalah menyadari kesalahan yang sudah pernah kamu lakukan. Sebab, jika kamu tidak bisa menyadari, maka akan sangat sulit sekali konflik tersebut selesai.

2. Turunkan Ego

Kamu jangan merasa bahwa kamu yang benar. Kamu juga harus bisa menurunkan ego. Dengan begitu, konflik kamu dengan dosen akan cepat selesai. Akan tetapi, jika kamu selalu mementingkan ego. Maka, konflik tersebut justru akan semakin parah tidak akan selesai. Untuk itu, apapun kesalahan yang sudah terjadi, sebisa mungkin kamu jangan mempermasalahkannya.

3. Jadikan yang Terakhir

Konflik dengan dosen memang terkadang tidak bisa kamu hindari. Akan tetapi, usahakan kamu jangan mengulanginya lagi. Sebab, hal tersebut bisa membuat dosen hilang respek padamu. Untuk itu, kamu harus bisa mengakui kesalahan dan menjadikan konflik tersebut yang terakhir. Dengan begitu, hubungan kamu dengan dosen juga akan baik-baik lagi.

4. Jangan Malu Meminta Maaf

Terkadang menurut sebagian orang, meminta maaf adalah hal yang cukup berat. Akan tetapi, ketika kamu ada konflik dengan dosen. Maka, kamu jangan malu meminta maaf. Sebab, dengan kamu meminta maaf akan membuat dosen melupakan kesalahan-kesalahan yang sudah pernah terjadi. Bukan hanya itu, ketika kamu mau meminta maaf juga bisa membuat dosen akan menjadi lebih baik padamu.

Itulah empat cara paling ampuh mengatasi konflik dengan dosen. Untuk itu, jangan pernah berat hati melakukan cara seperti di atas.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak