5 Jenis Minyak Goreng Non Kolesterol Berkualitas yang Dijual di Pasaran

Zakiy Marenda
5 Jenis Minyak Goreng Non Kolesterol Berkualitas yang Dijual di Pasaran
Ilustrasi Minyak Goreng - Mekanisme Penyaluran BLT Minyak Goreng (Pixabay)

Makanan yang digoreng acap kali identik dengan kolesterol tinggi serta berbagai macam ancaman kesehatan. Konsumsi gorengan atau makanan lainnya yang diolah dengan cara deep-fry secara berlebihan memang tidak baik bagi kesehatan. Ini dikarenakan adanya kandungan minyak di dalamnya dapat menumpuk di dalam jaringan dan juga sel-sel tubuh.

Kadar kolesterol dalam makanan biasanya juga dipengaruhi oleh minyak goreng yang digunakan. Semakin tinggi kandungan lemak jenuh di dalam minyak goreng, maka akan semakin besar pula risiko peningkatan kolesterol.

Oleh sebab itu, beralihlah ke minyak goreng non kolesterol guna menjaga kesehatan tubuh. Minyak goreng non kolesterol terbuat dari berbagai macam bahan alami yang rendah lemak tak jenuh, bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah serta menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Berikut ini ada beberapa jenis minyak goreng non kolesterol berkualitas yang dijual di pasaran :

1. Minyak soya

Dibandingkan dengan minyak yang lainnya, minyak soya atau minyak kedelai memang kurang dikenal. Padahal kandungan asam lemak tak jenuh ganda di dalam minyak ini mampu untuk menurunkan risiko penyakit jantung hingga 10%. Selain itu, kandungan isoflavon yang terdapat pada minyak kedelai bisa menjaga kepadatan tulang dan juga kulit. Mengonsumsi minyak ini dapat membantu menjaga keindahan rambut dan bikin awet muda.

2. Minyak jagung

Seperti namanya, minyak jagung atau corn oil ini terbuat dari ekstraksi biji jagung. Smoke point atau titik asap minyak jagung bisa mencapai 232 derajat celcius, lebih tinggi dibandingkan dengan kelapa sawit.

Minyak ini dapat digunakan untuk deep-fry tanpa membuat makanan menjadi sangat berminyak. Kandungan phytosterol di dalamnya ampuh untuk mencegah penyerapan kolesterol dalam darah.

3. Minyak biji bunga matahari

Sunflower oil memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang tinggi, vitamin, E, dan juga omega 9 yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Minyak ini juga dapat dijadikan pilihan untuk campuran MPASI karena sangat bermanfaat untuk meningkatkan imunita serta mendukung tumbuh kembang otak anak.

4. Minyak kelapa sawit

Sebagian besar minyak goreng dihasilkan dari kelapa sawit. Tetapi jangan salah, kelapa sawit tidak memiliki kandungan kolesterol dan lemak trans yang bisa memicu penyakit kardiovaskular lho! Justru di dalamnya terdapat sebuah kandungan vitamin E yang berperan sebagai antioksidan serta vitamin A yang bisa menguatkan imun tubuh.

5. Minyak Kanola

Ada banyak sekali manfaat kesehatan dari minyak kanola. Salah Satunya ialah mencegah stroke, membantu memelihara kesehatan jantung, mencegah adanya kerusakan sel tubuh, serta membantu untuk menjaga kestabilan gula darah. Minyak ini dapat digunakan untuk salad dressing hingga deep frying!

Nah, itulah tadi beberapa jenis-jenis minyak goreng non kolesterol berkualitas yang dijual di pasaran. Semoga bermanfaat!

Video yang mungkin Anda suka

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak