8 Hal yang Wajib Kamu Perhatikan Saat Membeli Smartphone Bekas, Lakukan Sebelum Menyesal!

Richa Apriyanto
8 Hal yang Wajib Kamu Perhatikan Saat Membeli Smartphone Bekas, Lakukan Sebelum Menyesal!
Ilustrasi seseorang memeriksa kondisi ponsel (pexels.com)

Memiliki smartphone saat ini sudah menjadi hal yang wajib bagi setiap orang. Dengan smartphone kita bisa berkomunikasi, mencari informasi, serta bisa juga untuk bekerja. Apalagi dengan harga smartphone yang semakin murah membuat masyarakat kelas bawahpun bisa memiliknya. Meski demikian, tidak semua orang memilik uang yang cukup untuk membeli ponsel baru dengan spsesifikasi yang dibutuhkan. Maka dari itu, seseorang akan memilih membeli smartphone bekas karena harganya jauh lebih murah.

Namun, meskipun harganya murah jangan langsung membeli tanpa memikirkan risikonya yaa, pahami dulu beberapa hal di bawah ini yang purlu diperhatikan bila ingin membeli smartphone bekas.

1. Periksa fisik ponsel

Hal utama yang perlu diperhatikan saat membeli smartphone bekas, adalah kondisi fisiknya. Perhatikan baik-baik apakah ada pecah, retak, ataupun baret. Perhatikan juga bagian layar adakah whitespot ataupun garis-garis di layar.

2. Periksa sensitivitas layar dan tombol-tombol

Setelah periksa fisik, kamu wajib teliti soal sensitivitas layar dan tombol-tombol saat memutuskan membeli smartphone bekas. Coba sentuh semua area layar apakah semua sentuhan bisa direspon dengan normal atau tidak.

Layar merupakan komponen paling penting, jika terdapat kerusakan sebagaiknya urungkan niatmu. Jangan lupa juga untuk mengecek fungsi tombol volume dan power.

3. Tes kamera depan dan belakang

Kamera juga merupakan komponen yang tak kalah penting dalam smartphone, cek terlebih dahulu. Gunakan untuk mengambil gambar dan video. Coba gunakan fitur-fiturnya seperti micro, auto focus, zoom, dan lainnya apakah berfungsi dengan normal.

4. Cek speaker dan microfon

Untuk mengetahui apakah speaker berfungsi dengan normal saat pembelian smartphone bekas, gunakanlah untuk merekam video atau cobalah untuk menelfon.

5. Periksa konektifitas dan jaringan

Hal yang tak kalah penting saat membeli smartphone bekas, adalah memeriksa apakah jaringan berfungsi dengan normal. Coba sambungkan bluetooth apakah bisa terkoneksi, lalu periksa juga apakah sim bisa terdetksi dan dan muncul sinyal jaringan. Jangan lupa untuk mencoba sambungkan wifi, coba juga nyalakan hotspot.

BACA JUGA: Mengintip Makanan Cristiano Ronaldo di Piala Dunia 2022, Menu Apa Saja?

6. Periksa pengisian daya

Jangan lupa untuk mencoba mengisi daya ponsel pada saat ingin membeli ponsel samartphone bekas, ya! Jangan sampai setelah pulang ke rumah, ponsel tidak bisa dicas. Tanyakan juga kondisi baterai, apakah masih bagus? Bisa juga kalian install aplikasi untuk memeriksa kesehatan baterai.

7. Cek performa smartphone 

Selanjutnya, periksa performa smartphone. Gunakan untuk main media sosial atau game, apakah terasa smooth atau terasa lemot. Jika terasa lemot kemungkinan ada banyak file tersimpan di smartphone tersebut.

Namun, jika tidak banyak file yang tersimpan dan memori masih terlalu longgar,  maka besar kemungkinan smartphone tersebut sudah rusak di bagian hardware.

8. Tanyakan masa garansi

Garansi amatlah penting untuk transaksi smartphone bekas. Sekalipun kita sudah memeriksa poin-poin penting di atas, dengan adanya garansi kita bisa lebih tenang bila mana nantinya smartphone yang kita beli mengalami masalah.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan bila hendak membeli ponsel bekas. Karena memang ini adalah barang yang sudah pernah dipakai oleh orang lain, maka kita harus bisa mentolelir segala kekurangan baik fisik maupun fungsi.

Video yang Mungkin Anda Suka.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Ayu Nabila

Tampilkan lebih banyak