5 Alasan Seseorang Kerap Melontarkan Komentar Negatif pada Orang Lain

Sapta Stori
5 Alasan Seseorang Kerap Melontarkan Komentar Negatif pada Orang Lain
Ilustrasi komentar media sosial (pexels.com/cottonbro studio)

Barangkali, kita masih mendapati orang-orang yang kerap melontarkan komentar buruk dan kurang berempati kepada orang lain. Bahkan kini, bukan hanya melalui ucapan langsung, komentar-komentar bernada negatif juga dapat dengan mudahnya ditemukan di media sosial. Dalam hal ini, ada berbagai alasan yang menyebabkan seseorang kerap melontarkan komentar negatif kepada orang lain, beberapa di antaranya adalah:

1. Ingin meyakinkan bahwa dirinya lebih baik

Seseorang yang suka berkomentar buruk mengenai orang lain, bisa saja karena ia sebenarnya sedang merasa minder dan tidak percaya diri. Akhirnya, ia berusaha menutupi kekurangannya dengan bersembunyi di balik kekurangan orang lain. Sebab, dengan begitu, ia merasa bisa meyakinkan dirinya bahwa hidupnya lebih baik daripada orang yang ia komentari.

2. Rasa tidak suka

Perilaku seseorang yang kerap melontarkan komentar buruk kepada orang lain juga dapat berawal dari rasa tidak suka. Sebab, ketika sudah ada rasa tidak suka, apa yang orang lain lakukan pasti akan selalu terasa salah dan sulit baginya untuk berprasangka baik.

3. Sudah menjadi kebiasaan

Beberapa orang kerap berkomentar negatif, karena hal itu sudah menjadi kebiasaan bagi mereka. Mereka tidak bisa menahan diri untuk tidak melontarkan kata-kata yang sinis, bahkan enggan memikirkan perasaan orang lain. Hal ini tentunya sangat memprihatinkan, karena perbuatan tercela tidak seharusnya dibiasakan.

BACA JUGA: Main Aman Rafatar Pakai Dua Jersey sekaligus nonton Piala Dunia 2022 Jepang vs Jerman

4. Semata mencari perhatian

Ada pula orang yang gemar berkomentar buruk kepada orang lain, hanya karena ia ingin mencari perhatian. Ia senang jika ada orang yang membalas atau menanggapi komentarnya. Biasanya, semakin ditanggapi, ia akan semakin brutal dalam memberikan komentar negatif. Karena itu, ada baiknya jika kita mengabaikan orang yang senang berkomentar buruk terhadap orang lain, karena memberinya tanggapan hanya akan membuang-buang waktu dan tidak ada gunanya.

5. Tidak berpikir sebelum berbicara

Ketika seseorang tidak berpikir terlebih dahulu sebelum melontarkan komentar, maka tidaklah mengherankan apabila ucapan yang keluar dari lisannya kerap bernada negatif. Ia tidak mampu mempertimbangkan posisi orang yang dia komentari.

Demikian lima alasan seseorang kerap melontarkan komentar negatif kepada orang lain. Mari sama-sama menjaga lisan kita dan hindari perilaku mudah memberikan komentar buruk kepada sesama.

Video yang Mungkin Anda Suka.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak