Tips Ampuh Perkenalan Diri dalam Wawancara Kerja dengan Bahasa Inggris!

Priscilla Olga Salim
Tips Ampuh Perkenalan Diri dalam Wawancara Kerja dengan Bahasa Inggris!
Ilustrasi Interview (Pixabay.com)

Wawancara merupakan tahapan penting dalam proses seleksi kerja. Tahapan penting ini pula yang jadi momok menakutkan bagi para pelamar kerja. Apalagi kalau wawancara yang dilakukan menggunakan Bahasa Inggris seperti yang dilakukan beberapa perusahaan multinasional. 

Jangan gugup duluan nih kalau tiba-tiba pewawancara di tempatmu melamar kerja menggunakan Bahasa Inggris. Kesan pertamamu sangat penting. Dan kesan pertama ini biasanya timbul setelah pewawancara menanyakan pertanyaan "Coba perkenalkan diri kamu" atau "Please tell me about yourself" .

Baca Juga: Selain Bidang Akademis, 4 Skill ini Perlu Orang Tua Ajarkan ke Anaknya

Pertanyaan dasar ini yang paling sering ditanyakan saat memulai wawancara kerja dalam bahasa apapun. Tentu saja para rekuiter ingin mengetahui siapa kita dan bagaimana pengalaman kita. Walaupun pertanyaan sederhana, seringkali kita terkecoh dan malah memperkenalkan hal-hal yang tidak relevan. Muse career coach, Steven Davis pernah mengatakan, keputusan apakah pelamaar lanjut ke tahapan selanjutnya biasanya diambil pada menit pertama pertemuan. 

Jadi bagaimana menjawab pertanyaan tell me about yourself dalam Bahasa Inggris yang baik?

 Melansir dari Muse, pola paling efektif untuk menjawab pertanyaan ini adalah Present-Past-Future. Ceritakan peranmu sekarang, dan apa pencapaian terbesarmu. Tambahkan dengan pengalamanmu di masa lalu yang relevan. Terakhir ceritakan tentang harapanmu di masa mendatang atau ketertarikanmu. 

Baca Juga: 5 Tips Jago Bahasa Inggris dengan Kebiasaan 20 Menit Setiap Hari

Sebagai contoh:

My name is ... I graduated from ... in (kapan kamu lulus) with a major in ... and minor ... During my study, I've had experience as ... (jelaskan tentang pengalamanmu, apa saja yang kamu lakukan, dan pencapaian terkait pengalaman ini). I applied in this company because (alasan melamar di perusahaan ini) and i hope in the future i will (sertakan harapanmu). 

Buat kamu yang fresh graduate, mungkin akan tidak percaya diri dengan pengalamanmu yang tidak seberapa. Namun yang dilihat sosok pewawancara di sini adalah bagaimana kamu memaknai dari pengalaman itu. Dibandingkan dengan kamu yang menyebutkan banyak posisi tanpa menjelaskan secara rinci. Interviewer lebih menyukai kamu yang bisa menjelaskan pengalaman penting, namun dengan penjelasan yang memuaskan. 

Baca Juga: 4 Manfaat Menerapkan Gaya Hidup Minimalis dalam Menjaga Kesehatan Mental

Tips menjawab pertanyaan perkenalan diri dalam Bahasa Inggris

  • Ketahui beberapa vocaboulary penting yang berhubungan dengan pengalamanmu, karena mungkin saja interviewer akan bertanya kembali mengenai hal ini.
  • Berlatihlah untuk memperkenalkan diri di cermin dalam Bahasa Inggris.
  • Jangan gugup! Ingat, first impression adalah tahapan paling penting. 

Itulah tips perkenalan diri saat wawancara kerja dalam bahasa Inggris.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak