Anti Bokek, Ini 4 Masker Wajah dari Bahan Alami yang Bisa Kamu Buat Sendiri

Belinda Safitri
Anti Bokek, Ini 4 Masker Wajah dari Bahan Alami yang Bisa Kamu Buat Sendiri
ilustrasi masker wajah alami (Freepik.com/racool_studio)

Penggunaan masker wajah memiliki sejumlah manfaat bagi kulit. Saat ini pun sudah ada berbagai jenis masker dengan tawaran manfaatnya masing-masing.

Namun, tahu nggak sih bahwa kamu juga bisa membuat sendiri masker wajah dengan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan. Dilansir dari Be Beautiful, yuk simak sejumlah masker alami yang dimaksud.

1. Masker madu dan putih telur

Manfaat madu bagi wajah sepertinya sudah cukup terkenal. Bahan alami yang satu ini memiliki sifat antibakteri sehingga dapat membantu menyembuhkan dan mencegah jerawat. Selain itu, madu juga kaya akan antioksidan yang bisa memperlambat proses penuaan.

Di sisi lain, putih telur juga memiliki sederet manfaat meski memang masih jarang diketahui. Dalam hal ini, bisa membantu memperbaiki tekstur kulit, baik kering maupun berminyak.

Baca Juga: Ikuti 3 Cara Merawat Rambut Ala Rosulullah SAW, Hasilnya Jadi Makin Sehat!

Kandungan albumin pada putih telur juga dapat menghilangkan minyak berlebih dan mengencangkan pori-pori. Oleh karena itu, perpaduan antara madu dan putih telur yang dibuat masker akan membuat wajah terlihat lebih sehat.

2. Masker alpukat

Buah alpukat juga dapat menjadi pilihan tepat untuk digunakan sebagai bahan pembuatan masker wajah. Alpukat sarat dengan kandungan vitamin A, D dan E serta asam lemak omega-3 yang dapat membantu menutrisi dan melembabkan kulit.

Masker alami yang satu ini pun bisa membantu mengatasi berbagai masalah kulit seperti sengatan matahari, tanda-tanda penuaan dini, dan jerawat. Jika ingin merasakan langsung manfaatnya, maka kamu bisa menggunakan masker alpukat setidaknya sekali seminggu.

Baca Juga: 6 Alasan Kenapa Sebaiknya Menggunakan Air Fryer, Lebih Sehat

3. Masker mentimun

Manfaat mentimun sepertinya sudah cukup dikenal, khususnya dalam perawatan mata. Namun tahu nggak bahwa mentimun juga bisa digunakan sebagai bahan masker wajah loh. Berkat kandungan vitamin C, K, mangan, dan beta-karoten maka mentimun dinilai bisa membuat kulit sehat.

Selain itu, mentimun juga memiliki sifat mendinginkan sehingga dapat membantu membuat kulit terlihat lebih segar, sehat, dan awet muda. Tak sampai di situ, kandungan air dalam mentimun juga bisa membantu menghidrasi kulit kusam. Aplikasikan secara teratur mentimun yang telah diparut untuk melihat hasilnya.

Baca Juga: 4 Cara Mengistirahatkan Diri dari Media Sosial, Demi Kesehatan Mental

4. Masker kunyit

Kunyit mengandung sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang berperan dalam memberikan cahaya dan kilau pada kulit. Selain itu, kunyit juga bisa membantu mengobati jerawat.  Tertarik mencoba? Kamu bisa membuat sendiri masker kunyit ditambah dengan bahan lainnya seperti air mawar lalu oleskan ke wajah.

Itulah 4 masker wajah dari bahan alami yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Jadi mau coba buat yang mana dulu nih?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak