Ikuti 3 Cara Merawat Rambut Ala Rosulullah SAW, Hasilnya Jadi Makin Sehat!

Diana Retnasari
Ikuti 3 Cara Merawat Rambut Ala Rosulullah SAW, Hasilnya Jadi Makin Sehat!
Ilustrasi merawat rambut (Freepik/prostooleh)

Merawat kesehatan rambut memang susah-susah gampang. Beruntungnya, sebagai seorang Muslim, Rasulullah SAW telah memberikan sejumah informasi penting yang berguna untuk merawat rambut agar tetap sehat dan terlihat indah.

Perawatan rambut yang dicontohkan oleh Rosulullah tentu sangat mudah untuk dilakukan secara mandiri di rumah dan tidak memerlukan biaya besar jika dibandingkan saat merawat rambut di salon kecantikan.

Baca Juga: 4 Hal yang Jangan Dilakukan saat Kita Menghadiri Pernikahan Mantan Pacar

Tak cuma itu saja, langkah-langkah dalam merawat rambut ala sunnah Rosulullah, tentunya sudah sesuai dengan tuntunan dan hadist. Langsung saja yuk, simak 3 cara merawat rambut ala Rosulullah selengkapnya berikut ini.

  • Mencuci rambut dengan rutin

Menurut hadist riwayat Bukhari, Rosulullah SAW mengatakan bahwa “Siapa saja yang memiliki rambut, hendaknya mereka merawatnya dengan baik”.

Mencuci rambut memang sangat penting untuk dilakukan, biasanya Rosulullah mengawali keramas dengan mengguyurkan air sebanyak 3 kali ke atas kepalanya, dan digosok secara lembut mulai dari permukaan hingga akar rambut.

Rosul biasa menggunakan jenis wewangian yang tersedia, dan meratakannya di bagian kepala sebelah kanan, kemudian lanjut di sisi kepala bagian kiri, terakhir digosokkan di bagian tengah.

Baca Juga: 5 Hal yang Membuat Seseorang Stres Menjelang Pernikahan dan Solusinya

  • Menggunakan minyak rambut

Ajaran menggunakan minyak rambut ternyata pernah disebutkan dalam salah satu hadist riwayat Bukhari yang menerangkan bahwa “Aisyah R.A mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW menundukkan kepalanya kepadaku saat sedang I’tikaf di masjid selama bulananku, dan aku akan menyisir serta meminyaki rambutnya.”

Menggunakan minyak rambut bisa dilakukan secara rutin, misalnya seminggu sekali. Dari berbagai jenis minyak rambut, yang paling disarankan adalah menggunakan olive oil.

  • Mewarnai rambut dengan ‘Henna’

Kegiatan mewarnai rambut merupakan hal yang diperbolehkan dalam Islam selama bukan warna hitam yang diaplikasikan pada rambut. Selama ini varian pewarna rambut yang dijual di pasaran pasti mengandung bahan kimia yang diantaranya berbahaya bagi kesehatan rambut.

Baca Juga: Dear Parents, Ini 5 Cara Mudah Mendukung Perkembangan Literasi Balita

Nah, untuk mengatasi tersebut, kalian bisa memanfaatkan pewarna ‘henna’ yang natural dan memberikan warna merah tua pada rambut. Pewarna alami ini didapatkan dari daun tanaman henna yang dikeringkan kemudian dihaluskan.

Manfaat lain dari ‘henna’ adalah untuk mendinginkan kulit kepala, mengatasi migrain dan sakit kepala, hingga memperlambat tumbuhnya uban di kepala.

Nah, itulah 3 cara mudah untuk merawat rambut yang diajarkan oleh Rosulullah SAW kepada umat Muslim. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak