6 Kebiasaan Orang Indonesia yang Pasti Dilakukan Ketika Tahun Baru

Nur Kholila
6 Kebiasaan Orang Indonesia yang Pasti Dilakukan Ketika Tahun Baru
Ilustrasi berkumpul bersama (Pexels/nicolemichaLou)

Saat tahun baru tiba, hampir selalu dirayakan dengan acara yang meriah banget. Perayaan tahun baru tidak hanya soal beramai-ramai dan juga pesta pora. Merayakan datangnya tahun baru juga bisa menjadi sebuah simbol pengharapan untuk tahun yang lebih baik lagi. Setiap negara pasti mempunyai tradisi tahun baru tersendiri.

Tidak ketinggalan, di Indonesia pun juga banyak banget tradisi unik yang digelar untuk merayakan tahun baru. Yuk, simak ulasannya berbagai tradisi tahun baru di Indonesia yang wajib banget kamu ketahui.

1. Beli terompet 

Apakah kamu sudah mulai melihat abang-abang berjualan terompet? Ya hadirnya abang jualan terompet ini menandakan tahun baru sudah semakin dekat. Pergantian tahun bakal pastinya akan garing banget jika tidak pakai terompet.

Hampir di setiap daerah pasti akan ada tukang jualan terompert dadakan. Terompet ini menjadi salah satu hal yang wajib selama perayaan tahun baru. 

BACA JUGA: 6 Daftar Ide Masakan untuk Malam Tahun Baru, Wajib Dicoba!

2. Begadang Semalaman Suntuk

Momen countdown dari tahun 2022 ke 2023 pastinya tidak ingin kamu lewatkan begitu saja. Makanya, kamu pasti sudah mulai stok minuman kopi untuk membantu kamu begadang.

Selain itu, kamu juga pastinya telah mempersiapkan aneka cemilan dan juga hiburan menarik untuk menemani waktu hingga tahun 2023 datang.

Kegiatan begadang ini menjadi semakin meriah jika dilakukan bersama dengan teman-teman dan juga keluarga. Bagi kamu yang sedang menghemat budget, juga tetap bisa menikmati meriahnya begadang di tahun baru kok dengan cara cukup di rumah saja.

3. Pesta Barbeque

Ini juga menjadi salah satu kegiatan favorit orang Indonesia, pesta barbecue atau yang biasa disebut dengan bakar-bakaran. Entah itu di rumah teman ataupun rumah keluarga kegiatan ini akan memeriahkan acara tahun baruan. Kapan lagi makan enak sembari kumpul-kumpul seru menonton kembang api.

4. Pesta Kembang Api

Satu lagi tradisi tahun baru yang juga diadopsi oleh masyarakat Indonesia, yaitu adanya pesta kembang api. Kamu dapat melihat beragam kembang api yang mekar di langit malam dengan ukuran yang besar-besar.

Jika berkunjung ke kota-kota besar. Warna-warni dari kembang api ini terlihat cantik banget ketika menghias angkasa. Menonton kembang api juga bisa menjadi sebuah momen romantis untuk kamu dan juga pasangan, lho.

Tidak harus pergi ke pusat kota kok untuk menikmati pesta kembang api. Kamu juga bisa membeli kembang api tembak yang banyak banget dijual oleh para pedagang asongan. Dengan begitu, kamu masih bisa merayakan kemeriahan tahun baru dengan kembang api cukup dari rumah saja. Tidak perlu bete karena terjebak macet, bukan?

5. Jalan - jalan ke pusat kota 

Bukan hanya di Jakarta saja, kebiasaan orang-orang untuk jalan-jalan ke pusat kota atau destinasi wisata juga ada di berbagai daerah Indonesia.

Misalnya orang-orang Bandung akan memadati Gedung Sate dan orang-orang Yogyakarta akan ramai-ramai berjalan ke Tugu Yogya ataupun Pantai Parangtritis. Jika di daerahmu sendiri bagaimana nih?

6. Nonton konser musik 

Untuk beberapa orang tahun baru artinya dapat menyaksikan konser musik band kesayangan. Kadangkala konser musik ini juga diadakan secara gratis oleh Pemerintah Daerah setempat. Pusat-pusat perbelanjaan juga pastinya memiliki acara yang mirip dengan bintang-bintang ibukota.

Malam pergantian tahun baru ini dapat menjadi ajang bertemu dengan idolamu secara gratis lho. Lumayan kan jika bisa menonton band ataupun penyanyi favoritmu secara gratis. Kalau tidak mau ketinggalan kamu juga bisa nih mengikuti akun sosial media pusat perbelanjaan ataupun pusat hiburan di kotamu.

Pergantian tahun 2022 ke 2023 ini pastinya bakal lebih seru lagi. Apalagi jika kamu merayakannya bersama dengan orang-orang terkasih.

Pasti di antara kalian sudah ada yang memiliki sebuah rencana untuk membuat pesta barbecue di rumah bersama dengan teman ataupun keluarga kan. Selain pesta barbecue kamu juga pastinya sudah menyiapkan banyak kembang api dan juga petasan.

Cek berita dan artikel lainnya di GOOGLE NEWS

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak