5 Tips Merawat Buku agar Tetap Awet dan Tidak Cepat Menguning

Nurillah A.
5 Tips Merawat Buku agar Tetap Awet dan Tidak Cepat Menguning
Ilustrasi halaman buku yang menguning.[Pixabay/Pezibear]

Kalau kamu memperlakukan buku bak harta karun, kemungkinan besar kamu akan jengkel jika mendapati halaman bukumu menguning apalagi dimakan rayap.

Memiliki buku yang menguning hampir dialami semua pecinta buku. Hal ini terjadi lantaran buku terbuat dari selulosa dan komponen kayu lignin. Dan kedua komponen ini sangat rentan akan proses oksidasi yang pada akhirnya menyebabkan halaman buku menjadi kuning lalu cokelat.

Akan tetapi, kamu tak perlu khawatir. Ada cara merawat buku agar tetap awet dan tidak menguning. Setidaknya, dilansir dari laman Book Written, ada 5 tips  yang perlu kamu coba.

1.      Hindari dari Sinar Matahari Langsung

Ada mitos yang berkembang di masyarakat bahwasannya menjemur buku di bawah terik matahari akan menyebabkan buku awet.

Padahal yang terjadi justru sebaliknya. Sinar matahari memancarkan radiasi ultraviolet yang sangat berbahaya bagi kertas. Bahkan sinar lampu listrik juga cukup berbahaya bagi buku.

Hal ini dapat kita lihat di perpustakaan yang menyimpan buku kuno. Mereka tidak menaruh di bawah pancaran lampu, melainkan menyimpan barang berharga itu dengan memasang filter UV.

BACA JUGA: Bunga Zainal Dicueki YouTuber Hingga Singgung Star Syndrome, Nama Ria Ricis Terseret

2.      Sirkulasi Udara

Ada satu proses yang dinamakan off gassing yaitu semacam proses pelepasan bahan kimia berbahaya dalam wujud gas. Dan buku-buku serta rak penyimpanan buku mengalami proses off gassing ini.

Tentu hal ini tidak baik bagi buku-buku kesayanganmu sebab bagi pecinta buku, buku adalah segalanya. Baiknya pastikan sirkulasi udara cukup baik. Bila tak ada ventilasi udara yang besar, kamu bisa memasang kipas angin di dalam ruangan.

3.      Kelembapan Udara

Kelembapan udara sama buruknya dengan sinar matahari. Apalagi, kertas sangat mudah menyerap uap air dari udara. Persentase kelembapan ideal berkisar antara 30-50%. Oleh karena itu, pastikan ruanganmu aman dan terkendali dari kelembapan udara.

4.      Suhu yang Fluktuaktif

Suhu yang tidak terkendali juga mempengaruhi awet tidaknya sebuah buku. Terutama saat cuaca panas. Namun, buku akan cepat menguning apabila suhu fluktuaktif.

Inilah alasan mengapa kamu sebaiknya jangan menaruh buku di ruangan ber-AC sebab suhu menjadi tidak stabil. Jadi, sebaiknya taruh bukumu di ruangan yang dingin tapi kering.

BACA JUGA: Baju Olla Ramlan saat Main Bareng Anak Dituding Kelewat Transparan: Kelihatan Nerawang

5.      Gunakan Kertas Pelapis

Kertas pelapis dapat berfungsi sebagai pembatas antara kayu dan rak buku. Oleh karena itu, hal ini bisa mencegah bukumu cepat menguning dari proses oksidasi.

Kertas pelapis dapat mudah dibeli di toko buku atau secara online. Jadi, mulailah dari sekarang untuk melapisi bukumu memakai kertas pelapis.

Demikian 5 tips merawat buku agar tetap awet dan tidak menguning. Semoga berhasil.

Cek berita dan artikel lainnya di GOOGLE NEWS.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak