3 Tips Upgrade Kualitas Hubungan agar Lebih Dewasa

Riza Agustian
3 Tips Upgrade Kualitas Hubungan agar Lebih Dewasa
Ilustrasi pasangan sedang bersama (Pexels.com/@pavel-danilyuk)

Masalah akan selalu ada dalam suatu hubungan, ada begitu banyak pasangan yang tidak cukup dewasa dalam menyikapi suatu permasalahan. Dampak buruknya hubungan sudah lama dibina menjadi berakhir begitu saja, diperlukan sikap dewasa dalam menjalani suatu hubungan agar lebih awet.

Kamu dan pasanganmu harus bisa berkomunikasi dengan baik, saling terbuka dan tidak saling menyalahkan. Nah, berikut 3 tips upgrade kualitas hubungan agar lebih dewasa sehingga hubungan lebih awet.

1. Jangan Gengsi Minta Maaf

Menjaga kualitas hubungan dibutuhkan kerjasama kedua belah pihak, kamu dan pasanganmu harus bisa melawan sifat gengsian.

Jangan malu untuk minta maaf kepada pasangan, itu tidak akan merendahkan posisimu. Justru itu akan membuktikan kamu sudah lebih dewasa dalam menyikapi permasalahan dalam suatu hubungan.

Berani minta maaf akan membuat pasanganmu luluh karena niat tulusmu, disinilah pondasi hubungan akan semakin kuat karena pasangan saling mau berbenah dan tidak saling menyalahkan.

Jadilah pasangan yang saling mendukung satu sama lain, saling menyemangati dalam hal apapun sehingga hubungan lebih harmonis.

2. Jaga Komunikasi dengan Baik

Jangan pernah menuntut pasanganmu untuk bisa memahamimu sepenuhnya, karena itu sangat tidak mungkin. Tapi setidaknya pasanganmu sudah berusaha untuk selalu memberikan yang terbaik untukmu, selalu apresiasi pasanganmu maka dia akan senang.

Komunikasi sangat penting dalam suatu hubungan karena ini akan menentukan awet atau tidaknya suatu hubungan.

Belajarlah untuk saling menerima kekurangan yang ada dalam hubungan tersebut, tidak ada yang sempurna tapi bersama-sama akan terlihat lebih sempurna. Jangan mempermasalahkan jika kamu menemukan kekurangannya, tapi banggakan sisi kelebihan yang ada pada pasanganmu.

3. Jangan Berekspektasi Tinggi 

Hampir rata-rata hubungan bisa gagal karena salah satunya ada yang berekspektasi terlalu tinggi kepada pasangannya. Kamu perlu pahami bahwa kualitas hubunganmu itu tergantung bagaimana kamu dan pasanganmu. Tidak ada hubungan yang selalu baik-baik saja tanpa cela atau perselisihan.

Setiap hubungan akan ada ujiannya tersendiri, justru dari datangnya masalah dalam suatu hubungan akan membentuk karakter masing-masing sehingga bisa menjadi lebih baik lagi.

Jika kamu dan pasanganmu tetap kompak dan menjaga komunikasi dengan baik maka hubungan tersebut akan tetap baik-baik saja. Kurangi ekspektasi yang berlebihan dengan pasanganmu, ingatlah bahwa hubunganmu tidak sama dengan di film.

Itulah 3 tips untuk mengupgrade kualitas hubungan agar lebih dewasa dan lebih awet.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Hayuning Ratri Hapsari

Tampilkan lebih banyak