3 Ciri Kualitas Diri Menurun, Hati-Hati Jika Sudah Lama Kehilangan Motivasi

Latifah ..
3 Ciri Kualitas Diri Menurun, Hati-Hati Jika Sudah Lama Kehilangan Motivasi
Ilustrasi pria murung (Pexels.com/Honye Sanges)

Bagaimana kualitas hidup seseorang akan sangat bergantung pada kualitas diri yang dimiliki. Dengan perubahan yang terus terjadi, tentu saja kualitas diri ini bisa meningkat atau malah mengalami penurunan.

Ketika kualitas diri menurun, maka berbagai aspek pun ikut dipengaruhi. Mulai dari kondisi keuangan yang kurang baik, hubungan dengan sesama terganggu, dan dampak buruk lainnya.

Maka dari itu, penting sekali mengenali kualitas diri dengan baik. Di antaranya apa saja ciri kualitas diri menurun. Mari simak terus uraian di bawah ini.

1. Kehilangan motivasi

Harus diakui namanya manusia gak selalu dalam kondisi bersemangat. Kendati demikian, kamu mesti waspada ketika sudah alami kehilangan motivasi dalam jangka waktu yang lama. Jika dulu bersemangat untuk menggapai sesuatu, kini keinginan itu sudah hilang.

Kondisi ini bisa menjadi salah satu ciri penurunan kualitas diri. Kalau sudah tidak termotivasi melakukan apa pun, maka hidup pun jadi stagnan. Aktivitas yang kamu jalani semata-mata rutinitas, gak ada gairah sama sekali. Tentu saja hal ini akan berpengaruh pada performa kerja.

2. Hidup dijalani tanpa ada tujuan yang jelas

Layaknya sedang berjalan kalau gak ada tujuan yang jelas tentu akan mudah sekali tersesat. Begitu pula saat menjalani kehidupan. Tanpa goals, maka hidupmu cenderung mengikuti arus dan rentan sekali menjadi korban keadaan.

Ini pun bisa jadi indikator penurunan kualitas diri, lho. Seseorang dengan kualitas diri yang baik biasanya akan menentukan apa yang hendak dicapai, dan bersemangat untuk meraihnya. Dengan begitu, hidupnya akan terhindar dari hal-hal yang tidak bermanfaat.

3. Tidak ada kemauan untuk belajar

Banyak sekali hal yang perlu dipelajari selama menjalani hidup ini. Oleh sebab itu, mengandalkan pendidikan formal saja gak akan cukup.

Gak heran bila kamu mendapati sosok yang sudah punya jabatan tinggi dan karier yang settle tapi tetap masih ikut seminar atau workshop di mana-mana. Ini dimaksudkan agar pengalaman dan wawasan terus berkembang.

Berseberangan dengan seseorang yang mengalami penurunan kualitas diri. Gak ada kemauan untuk mempelajari hal baru. Padahal, menambah skill itu perlu banget, lho.

Bila ada ciri-ciri tadi jangan patah semangat, ya. Tidak pernah ada kata terlambat untuk memperbaiki diri. Lakukan dari hal yang mudah dan dijalani dengan konsisten. Perlahan tapi pasti kualitas dirimu pasti akan meningkat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Hayuning Ratri Hapsari

Tampilkan lebih banyak