5 Tips Melakukan Presentasi dengan Lancar, Penting Buat Karier!

Susanti ..
5 Tips Melakukan Presentasi dengan Lancar, Penting Buat Karier!
Ilustrasi presentasi (Pexels.com/mentatdgt)

Gak semua orang bisa nyaman berbicara di depan umum. Bagi sosok pendiam, harus melakukan presentasi di hadapan banyak orang cukup bisa bikin keringat dingin.

Sayangnya, skill yang satu ini memang mau gak mau mesti kamu kuasai karena sering kali tugas pekerjaan menuntutmu untuk menyampaikan informasi ke atasan atau klien. Untuk itu, kali ini akan dibahas beberapa tips melakukan presentasi dengan lancar demi mendukung perkembangan kariermu. Simak terus, ya.

1. Jangan terlalu lama

Mungkin saja informasi yang kamu sampaikan sangat banyak, akan tetapi sebaiknya ringkas sedemikian rupa sehingga tidak membutuhkan waktu yang sangat lama. Penyampaian informasi gak akan efektif apabila memakan durasi terlalu panjang. Audiens nantinya akan bosan. Oleh sebab itu, cobalah akali agar waktu presentasi gak sampai lebih dari 25 menit, ya.

2. Sampaikan informasi dengan grafik atau gambar

Apabila ada informasi yang menyangkut data-data ada baiknya sampaikan lewat grafik atau gambar sehingga audiens akan lebih mudah memahami. Disampaikan lewat lisan saja selain bisa bikin pendengar bingung, juga dapat membuatmu terkesan kurang profesional, lho.

3. Banyak berlatih

Ada peribahasa yang mengatakan, “Alah bisa karena biasa”. Sesuatu yang sukar sekalipun kalau dilatih terus-menerus pasti akan terbiasa. Hal ini juga berlaku dalam presentasi atau public speaking.

Gak perlu merasa minder melihat rekan yang lain sangat lancar dan terkesan effortless dalam melakukan presentasi. Fokus saja pada presentasimu sendiri dan banyak-banyak berlatih.

Dengan demikian, materi yang hendak disampaikan sudah ‘di luar kepala’, dan hal tersebut akan sangat memudahkan presentasi nantinya.

4. Jangan terlalu banyak melihat teks

Inilah pentingnya banyak berlatih agar saat presentasi gak bergantung sepenuhnya pada slide. Terlalu banyak melihat teks selain akan mengganggu jalannya presentasi juga dapat menimbulkan kesan gak profesional, lho. Oleh sebab itu, bagi perhatianmu antara audiens dan slide presentasi secara proporsional, ya.

5. Materi presentasi dibagikan belakangan

Sebaiknya hindari memberikan materi presentasi di awal, karena hanya akan memecah konsentrasi pendengar. Dengan memberikan materi di akhir, semua perhatian jadi bisa terfokus pada apa yang kamu sampaikan.

Bagi yang belum pernah atau jarang melakukan presentasi memang bisa sangat menantang. Semoga tips tadi bisa membantumu untuk melakukan presentasi dengan baik, ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Hayuning Ratri Hapsari

Tampilkan lebih banyak