facebook

Mengenal Hutan Pinus Mangunan, Primadona Wisata Jogja

bima saputra
Mengenal Hutan Pinus Mangunan, Primadona Wisata Jogja
Hutan Pinus Mangunan (dok istimewa)

Jogja memiliki banyak destinasi wisata yang layak dikunjungi, salah satunya adalah Hutan Pinus Mangunan. Hutan Pinus Mangunan ini telah menjadi primadona baru destinasi wisata serta favorit bagi anak muda untuk bersantai sejenak dari hiruk-pikuknya suasana kota.

Tempat ini memiliki magnet tersendiri bagi wisatawan yang ingin merasakan kedamaian. Di Hutan Pinus Mangunan ini memiliki suasana yang sangat asri, alami, serta menenangkan jiwa. Deretan pohon pinus yang tumbuh subur akan terlihat disepanjang mata memandang.

Hutan ini merupakan daya tarik wisata alam yang berada di perbukitan Bantul di sisi sebelah timur. Hutan Pinus Mangunan ini terletak di dusun Sudimoro, desa Muntuk, kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, D.I. Yogyakarta. Hutan pinus ini merupakan kawasan hutan lindung di Kabupaten Bantul yang dikelola RPH (Resort Pengelolaan Hutan) Mangunan.

Dulunya hutan ini hanya sebatas hutan yang dilindungi oleh Dinas Perhutani. Namun, semakin berkembangnya teknologi hutan ini di buka untuk umum sebagai salah satu pilihan wisata di Jogja. Dengan adanya hutan pinus ini, kita bisa menikmati suasana hutan yang masih asri nan sejuk. Selain itu, Anda dapat menikmati sunrise yang indah di saat cuaca mendukung. 

Sangat disarankan bagi wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata untuk menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini dikarenakan tidak adanya angkutan umum yang melintansi kawasan wisata tersebut. Lokasi yang tak jauh dari pusat Kota Jogja serta suasana tenang yang ditawarkan menjadikan obyek wisata ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu berlibur.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak