alexametrics

Kue Dongkal, Jajanan Tradisional yang Mulai Tergeser Kuliner Kekinian

sabhina khoirunnisa
Kue Dongkal, Jajanan Tradisional yang Mulai Tergeser Kuliner Kekinian
Kue Dongkal. (@aliuban/Instagram)

Pernahkah kamu mencoba jajanan ini?

Suara.com - Dodongkal atau lebih sering dikenal Kue Dongkal ini adalah adalah sejenis makanan tradisional atau kue tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajanan pasar. Dongkal terbuat dari beras yang ditumbuk halus hingga menghasilkan tepung. Kemudian tepung beras yang telah halus diisikan gula aren dan dikukus.

Makin nyaris terlupakan, Kue Dongkal sebenarnya punya cita rasa yang lezat, cocok disantap sembari ditemani menyeruput teh atau kopi hangat. Untungnya, meski sedikit, teman-teman masih bisa menjumpai sejumlah penjajah kue ini di beberapa lokasi di Jabodetabek.

Konon pada zaman dulu, sajian ini sering jadi bagian dari upacara adat. Namun dalam beberapa tahun terakhir, Dongkal lebih dikenal sebagai jajanan pasar atau kue tradisional.

Selain bercita rasa lezat, kue dongkal ini mempunyai bentuk yang unik, lho! Dongkal melibatkan alat khusus bernama aseupan (kukusan) dari anyaman bambu berbentuk kerucut.

Aseupan bakal diisi tepung beras dan gula aren secara selang-seling. Begitu penuh, cetakan tersebut lantas dikukus dalam sebuah dandang khusus bernama seeng.

Buat temen-temen yang penasaran, bisa coba mencari penjualnya di tempat tempat seperti pasar tradisional. Sempatkan membeli agar kalian tak penasaran dengan cita rasanya yang manis dan gurih. Bagaimana, apakah ini masuk kedalam wish list kalian?