Mengenal Sejuta Potensi Desa Selorejo Bersama PMM 72 UMM

pmm umm selorejo
Mengenal Sejuta Potensi Desa Selorejo Bersama PMM 72 UMM
Salah satu gapura pintu masuk desa Selorejo (Foto PMM UMM 72)

Pesona alam nan indah membuat desa Selorejo sebagai salah satu destinasi wisata alam yang patut dikunjungi. Beragam pesona alam dapat dirasakan di desa ini.

Suara.com - Desa Selorejo merupakan salah satu desa di wilayah kecamatan Dau kabupaten Malang. Desa ini mempunyai segudang potensi yang diunggulkan antara lain potensi sumber daya alam meliputi ; pertanian, peternakan, dan pariwisata; potensi sumber daya manusia; potensi kelembagaan; potensi perhubungan & komunikasi; dan potensi ekonomi masyarakat.

Berbagai potensi yang dimiliki oleh desa Selorejo membuat PMM 72 ingin mengeksplor lebih jauh potensi-potensi tersebut agar dilirik oleh masyarakat luas. Melalui publikasi ini, PMM 72 ingin menceritakan sejuta pesona potensi yang dimiliki oleh desa Selorejo. Dimulai dari potensi pertanian. Desa Selorejo memiliki potensi pertanian yang luar biasa.

Potensi ini sangat mendukung perekonomian masyarakat setempat. Jeruk sebagai penunjang pertanian memiliki sejuta manfaat yang tak terhingga. Hingga akhirnya logo desa ini berbentuk jeruk yang mana jeruk sudah sangat lekat untuk melambangkan desa tersebut.

Masyarakat desa Selorejo hampir seluruhnya memiliki perkebunan jeruk sendiri. Sehingga mata pencaharian mereka dapat dibilang sebagai petani jeruk. Dari jeruk tersebut, masyarakat dapat menghidupi keluarganya bahkan sampai membuka ladang bisnis baru dengan membuat tanaman jeruk menjadi tempat wisata agro petik jeruk.

Selain itu, masyarakat desa Selorejo dengan mengandalkan jeruk sebagai mata pencahariannya sudah dikatakan tercukupi dalam bidang ekonomi. Pasalnya jeruk di desa ini sudah terdistribusikan hingga ke luar kota bahkan ke luar pulau. Rata-rata penghasilan yang bisa di dapatkan dari jeruk ini bisa mencapai puluhan juta rupiah. Oleh sebab itu, jeruk sangat mendukung perekonomian di daerah ini.

Selain jeruk potensi peternakan juga mendukung di daerah ini seperti ternak sapi perah, sapi daging, kambing, ayam buras & entok juga mendukung perekonomian masyarakat sekitar. Namun sayangnya, potensi ini tidak sebooming jeruk yang sudah sangat terkenal dengan kualitas jeruknya, bahkan Banyuwangi yang terkenal dengan salah satu penghasil jeruk terbesar di Indonesia masih kalah saing dengan jeruk dari desa Selorejo.

Di sisi lain pariwisata di daerah ini juga mendompleng perekonomian masyarakat. Pesona alam nan indah membuat desa Selorejo sebagai salah satu destinasi wisata alam yang patut dikunjungi. Beragam pesona alam mulai dari air terjun, bumi perkemahan, punden, dan wisata alam lainnya dapat dirasakan di desa ini.

Hal tersebut meningkatkan potensi kelembagaan, perhubungan dan komunikasi, serta potensi ekonomi masyarakat setempat. Ke depannya desa ini dapat menjadi trendsetter bagi desa lain yang ingin maju dan dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS