alexametrics

Menikmati Wisata Alam Sekaligus Belajar Konservasi di Kebun Raya Kuningan

ahmad yunus
Menikmati Wisata Alam Sekaligus Belajar Konservasi di Kebun Raya Kuningan
Pemandangan Ciremai yang terlihat dari kawasan Kebun Raya Kuningan, Jawa Barat. (dok. istimewa)

Puncak gunung Ciremai terlihat menusuk langit. Panorama keindahan alam yang tak bosan saya nikmati saat berada di Kuningan, Jawa Barat. Di kota bersejarah ini, keberadaan Ciremai memang memanjakan mata. Hutan hijau yang masih lebat hingga aliran air panas yang tak surut sepanjang waktu. Seolah waktu berhenti di sini. 

Gunung Ciremai memang menjadi kebanggaan warga Kuningan. Keberadaanya telah memberikan kehidupan bagi masyarakat. Tanah yang subur, air yang mengalir sepanjang tahun, hingga udara segar dan sejuk. 

Inilah kekayaan  Gunung Ciremai yang kini berstatus taman nasional. Di sinilah tempat hidupnya aneka satwa dan tumbuhan endemik. Mulai dari macan tutul Jawa, elang Jawa, katak merah, hingga aneka anggrek dan bambu. 

Tak salah jika Kuningan pun menjadi tujuan untuk belajar konservasi. Keragaman hayati yang masih terjaga menjadi objek yang menarik kita telusuri.  Salah satunya keberadaan Kebun Raya Kuningan yang diresmikan pada tahun 2018 silam. Kebun raya ini memiliki luas sekitar 150 hektar. Di lokasi ini kita bisa menyaksikan puncak gunung Ciremai dengan sempurna. 

Kebun Raya Kuningan berada Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan. Bisa ditempuh sekitar 30 menit dari Kota Kuningan atau 1 jam dari Kota Cirebon. Sepanjang perjalanan kita disuguhi pemandangan yang menghijau. Sawah yang menguning. Dan aneka panen hasil pertanian. Selain itu, kita juga bisa menyaksikan panorama Kota Cirebon dari arah ketinggian. Sambil menikmati segelas kopi khas Ciremai. 

Ada banyak fasilitas yang bisa kita nikmati di Kebun Raya Kuningan. Koleksi tanaman anggrek menjadi titik menarik buat saya. Rencananya koleksi anggrek di kebun raya ini akan diperbanyak sehingga bisa menjadi oleh-oleh bagi para pengunjung.  Selain itu, kegiatan paling cocok di sini adalah berkemah. Lapangan yang menghijau menjadi spot terbaik untuk mendirikan tenda sambil menikmati panorama Ciremai. Tak usah bingung dengan fasilitas mandi cuci kakus. Fasilitas di sini sudah tersedia dengan baik. 

Bosan berkemah, Anda juga bisa berolah raga lari atau jalan kaki keliling sepanjang jalur kebun raya. Jangan lupa untuk bernarsis ria sehingga momen perjalanan kamu akan abadi. Di sini tidak ada lalu lalang kendaraan.  Jadi kegiatan alam ini pun menjadi lebih sehat, aman, dan nyaman. 

Landmark Kebun Raya Kuningan adalah patung kuda dan Taman Kuning. Segala macam tanaman yang berbunga kuning tumbuh subur dan tertata di sela batuan vulkanik alam. Pastikan kamu berkunjung saat bunga-bunga di sini bermekaran. Di jamin kamu bakal ketagihan mengabadikan taman unik yang dimiliki oleh kebun raya ini. 

Rasanya memang tak cukup menikmati setiap jengkal kebun raya ini. Salah satu tempat wisata alam yang menyehatkan di kaki gunung Ciremai. Kegiatan bersama keluarga, sahabat atau komunitas pun menjadi waktu berharga dan tak akan disia-siakan. 

Namun, jangan lupa untuk tidak membuang sampah sembarangan. Kelola sampahmu dan pastikan tempat ini bebas sampah. Sehingga kita akan menjadi bagian penting dalam pendidikan konservasi di kebun raya ini. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak