alexametrics

Mencicipi Gudeg Mbah Medi Kotagede yang Terkenal di Yogyakarta

Lukyantoryo
Mencicipi Gudeg Mbah Medi Kotagede yang Terkenal di Yogyakarta
Gudeg legendaris mbah Medi Kotagede (dok. Luki Antoro)

Gudeg Jogja memang melegenda di Indonesia. Dibuat dari nangka muda yang dimasak sederhana, cita rasanya mampu membuat kangen siapapun yang pernah menyantapnya untuk datang kembali. Untuk menikmati sepiring gudeg yang istimewa, kamu bisa dapatkan saat berkunjung di Yogyakarta.

Bagi siapapun kalau ke Yogyakarta belum makan gudeg, rasanya memang ada yang kurang gak sih. Di Jogja kamu bisa menemui pedagang gudeg 24 jam di lokasi yang berbeda-beda.

Berburu gudeg di jogja seperti hal yang menyenangkan ketika sedang berlibur di kota budaya tersebut. Menurut cerita yang berkembang di masyarakat  Yogyakarta, awal mula gudeg justru dibuat oleh para prajurit-prajurit kerajaan Mataram Islam diabad ke-15, tempatnya saat ini bisa kita jumpai berada di sekitar Kotagede.

Kala itu Kotagede adalah sebuah kawasan hutan belantara yang begitu luas dan ditumbuhi berbagai macam pohon-pohon besar. Untuk membuat sebuah ibukota kerajaan, tentunya harus membuka lahan atau menebangi banyak pohon tersebut.

Banyak pohon yang ditebang, salah satunya pohon nangka yang buahnya masih muda, dan jumlahnya melimpah. Buah nangka yang masih muda itu diolah para prajurit kerajaan menjadi sajian sederhana yang lezat, berkembang dan dikenal sekarang bernama gudeg itu sendiri.

Meski gudeg bisa dinikmati diberbagai sudut jogja. Namun, mencicipi gudeg Kotagede ini wajib dicoba banget ketika berkunjung ke Jogja. Rekomendasi bisa banget mampir di gudeg mbah Medi Kotagede. Beliau sudah lebih dari 20 tahun setia berjualan gudeg lengkap dengan lauknya di Kotagede.

Mbah Medi berjualan gudeg di depan sebuah garasi rumah, lokasinya di Jalan Purbayan Kotagede atau dari AMM Kotagede Yogyakarta ke selatan sekitar 200 meter, kita bisa menjumpainya di kiri jalan persis, terlihat beliau duduk didepannya lengkap dengan sajian kudapan khas jogja tersebut.

Setiap pagi hari jam 05:30 sampai 09:30 kita bisa menikmati ragam nasi atau bubur gudeg khas Kotagede lengkap dengan perlengkapannya, seperti krecek, oseng tempe hingga daun papaya kuah. Jika kita terlambat kesiangan dikit saja, jangan harap kebagian secuil gudeg sekalipun. Karena pelanggan gudeg mbah Medi begitu banyak, bahkan dari generasi ke generasi.

Ciri khas gudeg mbah Medi kotagede berbeda dengan gudeg-gudeg yang selama ini kita jumpai di pusat Kota Yogya, seperti wijilan misalnya. Gudeg Mbah Medi Kotagede termasuk jenis gudeg jogja basah. Jadi untuk menyantapnya, paling nikmat disiram dengan kuah manis atau kuah krecek pedas sesuai selera.

Kenikmatan gudeg khas Kotagede ini layak untuk dicoba, apalagi harganya masih terjangkau, karena lokasinya di perbatasan di pinggiran kota. Jika kamu penasaran sama gudeg mbah Medi, bisa langsung informasinya dulu di Kotagede. Apalagi kini akibat pandemi covid-19, beliau juga hadir jualan daring atau online. Melalui akun sosial media @gudegkotagede, dapur mbah Medi terus mengepul, aktif berbagi informasi menarik terkait gudeg kotagede. Jadi kapan kamu mau berburu mencicipi gudeg di Kotagede, kawan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak