alexametrics

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Mengajar Intensif Anak Kelas 6 Persiapan Ujian

Ekazuwitasari
Mahasiswa KKN UIN Walisongo Mengajar Intensif Anak Kelas 6 Persiapan Ujian
Mahasiswa KKN UIN Walisongo Mengajar Intensif Anak Kelas 6 Persiapan Ujian

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Mengadakan bimbinhan Intensif untuk Anak SD Kelas 6 Persiapan Ujian di Purwoyoso Ngaliyan

Suara.com - Salah satu Universitas di Semarang yaitu Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang menjalankan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Dari Rumah Ke 75 yang dilaksanakan oleh mahasiswa dari berbagai jurusan. Kegiatan KKN tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, yaitu pelaksanaannya dari rumah setiap mahasiswa.

Eka Zuwita, yang merupakan mahasiswa Pendidikan Fisika, Kerap di sapa dengan nama Zuwita memilih melaksanakan kegiatan KKN di RT 04 RW 10 Kel. Purwoyoso Ngaliyan Semarang Lokasi di sekitaran kost tempat tinggalnya. KKN ini berlansung selama kurang lebih 45 hari dengan rentang waktu dari tanggal 6 Oktober sampai dengan 19 November 2020. Salah satu pengabdian yang dilakukan oleh Zuwita yaitu dengan kegiatan mengajar Intensif anak SD kelas 6 persiapan Ujian yang dimulai sejak hari ke-4 KKN.

Zuwita mengadakan program pembelajaran intensif khususnya anak SD kelas 6 persiapan ujian dengan memberikan materi yang dipilih, meliputi Bahasa Indonesia, Tema 4, Pemantapan Matematika dan juga Ilmu Pengetahuan Alam. Teknis pembelajaran intensif nya yaitu siswa diajak belajar mengenai salah satu materi dari pembelajaran yang sebelumnya telah derangkan guru setiap mata pelajaran melalui daring. Selanjutnya untuk dibahas Kembali dengan konsep yang lebih mudah dipahami oleh siswa secara tatap muka. 

Keadaan saat ini dimana kegiatan sekolah masih secara daring. Inilah yang membuat Zuwita ingin membantu belajar anak-anak yang mengalami kesulitan selama pembelajaran jarak jauh dilaksanakan Khususnya anak-anak yang akan menghadapi ujian. Kegiatan mengajar ini dilaksanakan di salah satu rumah siswa secara bergantian dengan pengkondisian ruang semua siswa duduk bersama di lantai. Mahasiswa sebagai guru menerangkan materi di papan tulis serta mengamati langsung ketika siswa mengerjakan tugas yang diberikan. Hal ini dimaksudkan agar pembelajaran lebih dekat antara guru dengan siswa dan menciptakan suasana real seperti pembelajaran di kelas. 

KKN Mengajar mendapat sambutan baik dari para orangtua dan siswa, dilihat dari respon yang diberikan sangat ramah dan responsif setiap mahasiswa datang mengajar. Selain itu, beberapa orangtua dari siswa sibuk bekerja sehingga tidak bisa membimbing anaknya belajar saat daring maka dari itu orangtua siswa sangat mengapresiasi program yang diberikan oleh mahasiswa KKN UIN Walisongo di RT 04 RW 10 Kel. Purwoyoso Ngaliyan Semarang.

Program kegiatan ini berdampak baik yaitu mendekatkan mahasiswa dengan siswa-siswi SD sekitar dan juga menambah pengalaman memberikan pengabdian di lingkungan ia tinggal, serta menambah wawasan dan persiapan mahasiswa pendidikan sebagai calon pendidik di masa depan. 

Penulis: Eka Zuwita Sari

Komentar