alexametrics

Mendekatkanmu Menuju Kesuksesan, Ini 5 Tips Tingkatkan Percaya Diri

Latifah
Mendekatkanmu Menuju Kesuksesan, Ini 5 Tips Tingkatkan Percaya Diri
Ilustrasi Wanita Percaya Diri. (freepik.com/senivpetro)

Salah satu kunci sukses adalah rasa percaya diri yang tinggi. Karena lewat kepercayaan diri yang tinggi, kamu jadi tak takut untuk mencoba hal-hal baru, sehingga membuka kesempatan yang lebih besar terhadap jalan suksesmu.

Tak semua orang bisa memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Oleh sebab itu perlu dilatih, di antaranya dengan melakukan hal-hal berikut ini untuk dongkrak tingkat pedemu. Yuk, disimak terus!

1. Menyaring perkataan orang lain

Apa yang orang lain ucapkan, bisa berpengaruh besar terhadap caramu berpikir. Karena itu, sebaiknya jangan ditelan mentah-mentah perkataan orang lain, meskipun itu tampak seperti ‘nasihat’ yang baik.

Jenis perkataan yang hanya bermaksud menghina atau mengecilkan impian-impianmu, lebih baik buang jauh, tak perlu didengar. Karena perkataan negatif seperti itu, bisa menurunkan rasa percaya dirimu.

2. Membuat kemenangan-kemenangan kecil

Cara lain yang bisa kamu terapkan untuk mendongkrak rasa percaya dirimu, yakni dengan membuat kemenangan-kemenangan kecil. Daripada membuat target besar yang menyebabkan kamu jadi kewalahan untuk meraihnya, lebih baik buat target kecil dahulu, yang penting dikerjakan.

Saat selesai, hal itu dapat memberimu kepuasan batin yang nantinya akan semakin memupuk tingkat percaya dirimu.

3. Melakukan perencanaan dengan matang

Daripada waktumu dihabiskan dengan terpuruk dalam kekhawatiran, lebih baik manfaatkan waktu tersebut untuk membuat perencanaan yang matang. Sehingga, tugas yang kamu lakukan memiliki kemungkinan besar untuk berhasil.

Sebagai contoh, kamu diminta untuk presentasi. Rasa percaya diri yang rendah, bisa membuatmu berpikir yang tidak-tidak dan terus khawatir gimana kalau nanti gagal.

Daripada begitu, mending kamu fokuskan saja perhatianmu dalam persiapan presentasi, sampai kamu benar-benar menguasai materi. Sehingga ketika presentasi, orang pun bisa melihat rasa percaya dirimu yang tinggi.

4. Menerima kekurangan diri

Kesempurnaan hanyalah milik Tuhan, jadi jangan menghukum dirimu sendiri dengan kekurangan yang kamu punya. Jika kekurangan itu bisa diperbaiki, misalnya lewat belajar lebih giat lagi, maka pusatkan saja perhatianmu pada usaha meminimalkan kekuranganmu itu.

Tapi kalau memang kekuranganmu tak bisa diotak-atik, misalnya kamu memang sudah terlahir dengan kulit sawo matang, maka tak usah melihatnya sebagai kekurangan. Anggap saja itu hal yang membuatmu unik dan berbeda dari yang lain.

5. Bergaul dengan lingkungan yang positif

Seperti yang telah dijelaskan di poin pertama, perkataan negatif bisa menurunkan rasa percaya dirimu. Oleh sebab itu, langkah lain yang mesti kamu lakukan supaya level pedemu bisa meningkat, dengan memilih lingkungan yang positif. Lingkungan yang bisa melihat kelebihanmu, alih-alih mengorek terus segala aibmu.

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan supaya jadi pribadi yang percaya diri. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak