alexametrics

4 Ciri kalau Hartamu Berkah, Semakin Membuatmu jadi Dermawan!

Riva Khodijah
4 Ciri kalau Hartamu Berkah, Semakin Membuatmu jadi Dermawan!
Ilustrasi Uang. (pixabay.com/EmAji)

Ketika membicarakan perihal harta, biasanya fokus banyak orang pada kuantitasnya. Padahal, urusan harta, kualitas itu yang paling utama.

Percuma hartanya melimpah tapi didapat dari jalan yang haram. Ujungnya, gak bakal berkah. Bukannya membawa kebaikan, malah banyak kemudaratan yang terjadi.

Untuk mengetahui apakah harta yang selama ini kamu peroleh berkah atau tidak, ada beberapa cirinya. Yuk, disimak bersama!

1. Harta semakin membuatmu taqwa

Contoh umumnya Firaun dan Qarun, dua orang yang miliki kekuasaan dan harta yang melimpah. Tapi justru apa yang mereka punya, membawa mereka semakin jauh dari Allah SWT.

Harta yang berkah, tak seperti itu. Malah membawa pemiliknya semakin mengingat Allah dan ketaqwaannya pun meningkat. Bukan malah jadi bebas bermaksiat karena telah memiliki banyak harta, sehingga bebas melakukan apa pun meski itu salah.

2. Memberimu rasa aman

Pernah, nggak sih melihat orang yang semakin kaya, ia semakin gelisah karena takut hartanya hilang? Harta yang berkah, karena didapatkan dengan jalan yang benar, akan membawa rasa aman pada pemiliknya.

Ia juga akan merasa tenang, tak merasa khawatir jika hilang. Kalaupun hilang, mampu ikhlas karena menyadari, berarti memang bukan rezeki. Toh, pemilik sejati seluruh harta di dunia ini hanya Allah semata.

3. Mendorongmu untuk beramal

Ciri harta yang berkah, bukan malah membuat pemiliknya jadi pelit bin medit. Tapi malah semakin mendorongnya jadi dermawan. Justru dengan semakin banyak harta yang ia punya, sedekahnya pun makin besar, dan makin luas orang-orang yang merasakan manfaatnya.

4. Meningkatkan rasa syukur

Ada orang kaya, tapi pelitnya bukan main, karena selalu merasa kurang. Sehingga tak rela ketika melihat hartanya berkurang. Padahal, kalau memakai logika, jumlahnya nggak bakal habis untuk tujuh turunan.

Itu berarti, hartanya tak membawa keberkahan. Harta bukan membuatnya semakin ingat Allah, malah jadi dibutakan hatinya dengan tidak merasa cukup dan bersyukur.

Nah, semoga ciri-ciri di atas telah ada pada hartamu saat ini. Tak usah malu jika hanya memiliki harta yang sedikit. Sedikit tapi berkah, jauh lebih baik daripada banyak, tapi nggak berkah. Sepakat?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak