facebook

Ingin Turunkan Kolesterol? Konsumsi 7 Jenis Makanan Kaya Serat Ini

Shinta Ci
Ingin Turunkan Kolesterol? Konsumsi 7 Jenis Makanan Kaya Serat Ini
Ilustrasi Buah-buahan. (Unsplash/cravethebenefits)

Penting untuk menjaga pola sehat agar kadar kolesterol dalam tubuh terkontrol. Kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh sangat berbahaya bagi kesehatan karena bisa membuat arteri menyempit yang dapat memicu terjadinya serangan jantung hingga stroke.

Situs resmi Harvard Health melansir, berikut adalah 7 jenis makanan kaya serat larut yang terbukti ampuh untuk menurunkan kolesterol:

1. Terong

Sayuran terong rendah kalori dan merupakan sumber serat larut yang baik. Sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi.

2. Gandum

Sarapan dengan semangkuk sereal gandum utuh atau oatmeal setiap harinya sangat dianjurkan. Gandum dapat memberi 1 hingga 2 gram serat larut yang diperlukan oleh tubuh untuk mencegah adanya penumpukan kadar kolesterol.

3. Kacang-kacangan

Memakan almond, kenari, kacang tanah, dan kacang-kacangan lainnya baik untuk jantung karena kaya akan serat larut. Makan 2 ons kacang sehari juga bisa sedikit menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

4. Minyak sayur

Cobalah untuk menggunakan minyak sayur cair sebagai ganti mentega atau minyak goreng. Dengan menggunakan minyak sayur, kadar kolestrol dalam tubuh akan lebih terkontrtol.

5. Buah-buahan

Buah-buahan seperti jeruk, apel, anggur dan stroberi kaya akan pektin, sejenis serat larut yang terbukti ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol.

6. Kedelai

Mengonsumsi kedelai dan makanan yang terbuat dari kedelai seperti tempe dan tahu adalah salah satu cara ampuh untuk menurunkan kolesterol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi 25 gram protein kedelai sehari dapat menurunkan kolesterol sebesar 5% hingga 6%.

7. Ikan

Kandungan Omega-3 dalam ikan terbukti dapat menurunkan kolesterol. Karena itu, disarankan untuk mengkonsumsi ikan setidaknya dua atau tiga kali seminggu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak