alexametrics

5 Ciri Orang dengan Kepercayaan Diri Tinggi, Kamu Termasuk?

Latifah
5 Ciri Orang dengan Kepercayaan Diri Tinggi, Kamu Termasuk?
Ilustrasi Pria Percaya Diri. (pexels.com/@officialflavio)

Ada banyak hal positif dalam hidup ketika kamu memiliki kepercayaan diri tinggi. Kamu jadi tak takut untuk menerima tantangan, sehingga ada banyak peluang besar yang terbuka untukmu.

Untuk tahu apakah kamu memiliki kepercayaan diri tinggi, di bawah ini ada beberapa ciri yang bisa kamu amati. Apa saja?

1. Mampu mengambil keputusan sendiri

Seorang yang punya kepercayaan diri tinggi, tak akan takut untuk mengambil keputusan. Meski ternyata nanti keputusannya itu memberi hasil yang kurang baik, hal itu tak menjadikannya menyalahkan diri sendiri.

Ia yakin, keputusan itu meski kurang tepat, akan jauh lebih baik daripada plinplan. Kalaupun belum berikan hasil yang seperti diharapkan, kan bisa diambil hikmahnya.

2. Bertanggung jawab

Ciri lain dari orang yang punya kepercayaan diri tinggi, dia tak lepas tanggung jawab atau malah menyalahkan orang lain. Dia mampu secara sadar bertanggung jawab terhadap pilihan dan keputusannya.

3. Mengapresiasi capaian yang diraihnya

Walau gajinya belum mencapai dua digit, atau saat ini masih hidup mengontrak, orang yang percaya diri, tak akan meremehkan berbagai prestasi yang diraihnya, meski itu capaian kecil. Karena meski prestasinya tak sebanding dengan teman atau rekannya, ia sadar, capaian itu adalah hasil dari kerja kerasnya. 

4. Melihat tugas baru sebagai tantangan

Ada sebagian orang yang melihat tugas baru sebagai beban, tapi orang yang punya kepercayaan diri tinggi, akan melihatnya sebagai tantangan. Hal itu memberinya kesempatan untuk belajar hal baru dan menambah skill yang pastinya akan bermanfaat bagi hidupnya.

5. Berani berpendapat

Tanda orang percaya diri yang sangat kentara, adalah dia tak malu untuk berpendapat. Selama hal itu adalah hasil pemikirannya, dan bisa berkontribusi terhadap pemecahan masalah, kenapa harus takut dicela.

Justru yang mencela pendapat orang itulah, yang biasanya punya rasa insecure. Sehingga memilih menghina atau menjatuhkan orang lain, untuk membuat dirinya terlihat lebih baik.

Nah, kalau ciri-ciri tadi sudah kamu punya, berarti kamu sudah termasuk orang yang percaya diri. Selamat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak