alexametrics

Ini Dia 4 Jurusan Kuliah Sepi Peminat Tapi Lulusannya Berpeluang Dapat Gaji Besar!

Nur Fadilla
Ini Dia 4 Jurusan Kuliah Sepi Peminat Tapi Lulusannya Berpeluang Dapat Gaji Besar!
Ilustrasi lulus kuliah (Pixabay).

Kamu calon mahasiswa? Butuh refrensi jurusan perkuliahan yang sepi peminat tapi lulusannya bakal digaji besar? Ayo cek 4 jurusan berikut ini.

1. Ilmu Perpustakaan

Jangan salah paham dulu, jurusan ini tidak hanya belajar soal buku-buku saja. Ada banyak yang bisa dipelajari di jurusan ini. Misalnya tentang informasi dan teknologi, manajemen, ilmu soal pengumpulan, perapian, dan penyimpanan data.

Para lulusan ilmu perpustakaan juga punya prospek kerja yang bagus. Selain jadi seorang pustakawan, kamu juga bisa jadi sekretaris, document controller, atau administrasi arsip. Untuk besaran gaji seorang pustakawan saja senilai UMR, sekitar 4-5 juta perbulannya.

2. Antropologi Sosial

Selanjutnya ada jurusan antropologi sosial yang mempelajari hubungan antara manusia dan budaya. Di jurusan ini, kamu bakal mempelajari berbagai hal menarik. Mulai dari sejarah teori antropologi, kebudayaan manusia, hingga antropologi pariwisata.

Mereka yang lulus dari jurusan ini bisa bekerja sebagai peneliti, dosen, wartawan, bahkan konsultan masyarakat. Untuk gaji seorang konsultan sendiri sekitar 6 juta perbulannya. Sementara gaji seorang peneliti bisa sampai puluhan juta.

3. Filsafat

Ilmu filsafat sejatinya merupakan mother of science. Dari filsafatlah muncul berbagai ilmu-ilmu lainnya. Di jurusan filsafat, kamu akan belajar bagaimana seharusnya berpikir secara rasional dan kritis, juga mampu bernalar secara logis.

Seorang lulusan jurusan filsafat bisa kerja jadi apa saja. Ini dikarenakan ilmu filsafat dapat diterapkan di banyak sektor kerja. Misalnya saja jadi seorang psikoterapi, pengamat politik, ahli filsuf, atau jurnalis. Sementara rata-rata gaji seorang lulusan filsafat sekitar 10 juta perbulan. Bukan main!

4. Oseanografi

Jurusan ini sejatinya merupakan cabang dari ilmu kelautan. Di jurusan ini, kamu bakal mempelajari seputar fenomena-fenomena yang terjadi di laut seperti bencana laut, perikanan, ataupun lingkungan laut.

Lulusan oseanografi sendiri bisa menjadi pengajar, peneliti di lembaga swasta atau pemerintah, oceanographer, dan masih banyak lagi. Sementara gaji seorang fresh graduate oseanografi bisa mencapai angka 10 juta perbulannya.

Setidaknya itulah 4 jurusan kuliah yang sepi peminat tapi lulusannya bakal digaji besar. Ingatlah saat memilih jurusan pastikan jurusan itu tidak hanya sesuai dengan minatmu tapi juga sesuai dengan visi dan cita-citamu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak