alexametrics

5 Jitu Cara Mengatur Waktu dengan Baik

Ayu
5 Jitu Cara Mengatur Waktu dengan Baik

Jangan berpikir dan mengatakan bahwa kamu tidak memiliki waktu. Sebab sebagaimana orang lain, kamu juga diberikan waktu yang jumlahnya sama persis dengan yang dimiliki orang-orang sukses dan sibuk di sekitarmu. Hal ini tentu menjadi perenungan tersendiri.

Bisa jadi ada beberapa banyak waktu yang kemungkinan selama ini terbuang dengan percuma alias sia-sia. Membuang-buang waktu sama saja dengan membuang banyak kesempatan dan juga peluang meraih kesuksesan di dalam hidup. kamu akan kehilangan banyak sekali hal berharga yang seharusnya bisa dimiliki saat ini (cermati.com)

Berikut beberapa cara untuk mengatur waktu dengan baik:

1. Selesaikan pekerjaan yang lebih penting terlebih dahulu

Ketika kamu memiliki beberapa schedule yang harus selesai, maka dahulukan jadwal kegiatan yang terdekat terlebih dahulu. Dengan begitu, waktu kamu akan tertata secara efektif dan efisien.

2. Berani mengatakan tidak untuk hal yang tidak terlalu penting

Mungkin akan menjadi rasa tidak enakan jika kamu harus menolak ketika ada temanmu mengajak bermain. Tetapi kamu berani untuk mengatakan "tidak" itu juga perlu agar waktu kamu tidak terbuang sia-sia untuk hal yang bukan prioritas. 

3. Jaga pola tidur

Meskipun waktumu padat dipenuhi dengan berbagai tugas yang menumpuk, namun menjaga pola tidur itu adalah sangat penting. Ingat! Kesehatan adalah nomor satu dan harus diutamakan.

Kesehatan mahal, dan sangat merugi bagi orang yang menyiakan waktu istirahatnya. Menjaga pola tidur adalah dengan menyelesaikan tugas dengan tepat waktu. Jika waktunya tidur, ya tidur. Kita harus menjaga pola tidur minimal 7-8 jam/hari. Jangan membiasakan hidup begadang, karena sangat tidak baik untuk kesehatan terutama jantung. 

4. Tetap fokus

Meskipun kamu dilanda dengan berbagai tugas, maka fokus juga harus dilakukan. Jika kamu sudah takut dan terpaksa melakukan segala tugas dan aktivitas mu, maka semakin kamu tertekan sehingga kamu bisa kehilangan fokus. Dengan begitu, tugas mu tidak terselesaikan dengan baik, dan waktumu tersita dengan tidak baik. 

5. Selesaikan lebih awal

Ketika kamu memiliki banyak schedule yang harus kamu selesaikan minggu-minggu ini misal, maka selesaikan lebih awal pada tugas yang terdekat. Jangan suka menunda-nunda jika tidak terlalu penting.

Misal kamu diberi tugas sekolah siang hari, maka lebih baiknya sepulang sekolah setelah istirahat, kamu bisa mulai mengerjakan sedikit demi sedikit, jikapun kamu bisa langsung menyelesaikan nya itu lebih baik lagi.

Dengan begitu, ketika kamu sibuk untuk menyelesaikan tugasmu yang lain, tugas ku yang pertama sudah terkerjakan. 

Nah, itulah beberapa cara agar waktu yang kamu gunakan tidak sia-sia. Ingat ya, waktu bisa saja membunuhmu jika kamu tidak pandai mengelolanya. Semoga bermanfaat:)

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak