alexametrics

Peringkat FIFA Buruk, Indonesia Masuk Pot Non Unggulan di Piala AFF 2021

M Fuad Shulkhan Tsania
Peringkat FIFA Buruk, Indonesia Masuk Pot Non Unggulan di Piala AFF 2021
Skuad Timnas Indonesia saat pertandingan menghadapi Uni Emirat Arab (UEA) di Stadion Zabeel, Dubai, Jumat (11/6/2021) malam. (Dok. PSSI).

Induk persepakbolaan negara-negara Asia Tenggara, AFF, akhirnya merilis daftar pot unggulan bagi para peserta Piala AFF 2021. Menyadur laman aseanfootball, 11 negara yang akan berpartisipasi dalam gelaran sepak bola terbesar di wilayah Asean tersebut, terbagi dalam 5 pot unggulan yang didasarkan pada peringkat FIFA, dan juga penampilan terakhir mereka di ajang dua tahunan tersebut.

Namun sayangnya, Indonesia yang pada gelaran terakhir gagal lolos ke fase gugur dan memiliki peringkat FIFA kurang bagus, menempati pot ke 4 alias pot non unggulan.

Berdasarkan kriteria penentuan pot, Indonesia dalam gelaran Piala AFF kali ini bukanlah tim unggulan. Pasalnya, jika dibandingkan dengan negara-negara lain, prestasi terakhir dan peringkat FIFA, skuat Garuda berada di level bawah.

Pot unggulan pertama pada gelaran kali ini diisi oleh Thailand dan Vietnam. Kemudian pot unggulan kedua diisi oleh Filipina dan Myanmar. Sementara pot ketiga diisi oleh Malaysia dan Singapura. Sedangkan pot keempat diisi oleh Indonesia bersama dengan Kamboja.

Sementara pot kelima yang juga bukan merupakan pot unggulan, diisi oleh Laos, dan satu negara lain, yakni Brunei Darussalam atau Timor Leste yang akan menjalani laga play off untuk mendapatkan satu slot tempat di fase grup.

Memang, jika kita menilik peringkat Indonesia di laman fifa, skuat Merah Putih pantas untuk tak menempati pot unggulan. Pasalnya, dalam rilisan peringkat FIFA terakhir, anak asuh Shin Tae Yong tersebut kini berada di peringkat ke 174 dunia.

Hanya lebih baik dari Kamboja (peringkat 179), Laos (186), Brunei Darussalam (190) dan Timor Leste (195). Posisi Indonesia di Kawasan Asia Tenggara masih kalah dengan Singapura (160) dan Malaysia (154).

Sementara itu, dua tim unggulan teratas dalam gelaran Piala AFF kali ini, yakni Thailand dan Vietnam, menempati peringkat 120 untuk Thailand dan 92 untuk Vietnam.

Undian pembagian grup akan dilaksanakan di Singapura, di mana nanti 10 tim yang lolos ke fase grup akan dibagi menjadi 2 tim dengan masing-masing 5 negara dalam satu grup.

Jika melihat slot pembagian pot undian pada gelaran kali ini, Indonesia berpotensi untuk kembali bersua dengan Malaysia yang menempati pot unggulan ke 3. Meski tak menempati pot unggulan, sejatinya tak ada yang perlu dikhawatirkan dari gelaran ini.

Pasalnya, sepak bola adalah permainan tim, dan segala sesuatu sangat bisa terjadi dalam setiap pertandingan. Memang Indonesia saat ini tak masuk dalam bursa unggulan. Namun, potensi membuat kejutan dan menundukkan tim-tim mapan di Kawasan Asean masing sangat mungkin dan terbuka lebar di gelaran Piala AFF yang akan digelar pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022 mendatang. Semangat skuat Garuda!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak