alexametrics

Piala AFF 2020: Indonesia Satu Grup dengan Malaysia dan Tim Terbaik Asia Tenggara

M Fuad Shulkhan Tsania
Piala AFF 2020: Indonesia Satu Grup dengan Malaysia dan Tim Terbaik Asia Tenggara
Pesepak bola Timnas Indonesia Evan Dimas (ketiga kiri) melakukan selebrasi dengan rekan-rekannya usai membobol gawang Timnas Thailand dalam pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Dubai, Uni Emirat Arab, Kamis (3/6/2021) ANTARA FOTO/Humas PSSI/handout/APP/hp. [HUMAS PSSI/HUMAS PSSI]

Proses pembagian grup gelaran Piala AFF 2020 yang akan dihelat mulai bulan Desember mendatang, telah dilakukan oleh induk sepak bola Asia Tenggara, AFF. Melalui virtual conference yang dilaksanakan pada hari Selasa (21/9/2021), AFF membagi 10 calon kontestan gelaran dua tahunan tersebut ke dalam dua grup.

Tim tersukses dalam sejarah AFF, Thailand dan Vietnam yang menghuni pot unggulan pertama pada kejuaraan kali ini, berbagi grup di mana Tim Gajah Perang mengisi grup A, dan Vietnam menghuni grup B.

Di grup A, Thailand akan berhadapan dengan Myanmar, Filipina, Singapura dan satu tim pemenang babak play off yang akan diperebutkan oleh Timor Leste vs Brunei Darussalam.

Sementara di grup B, Vietnam akan meladeni tantangan Malaysia, Indonesia, Kamboja dan Laos. Persaingan di Grup B tentu saja menarik antusiasme masyarakat pecinta timnas.

Pasalnya, selain harus berhadapan dengan Kamboja dan Laos, anak asuh Shin Tae Yong tersebut juga harus berhadapan dengan Malaysia dan juga Vietnam.

Hal ini tentu saja sangat menarik. Pasalnya, Malaysia selama ini dikenal sebagai musuh bebuyutan Timnas Indonesia. Sementara Vietnam saat ini berstatus sebagai tim terbaik di Kawasan Asia Tenggara.

Pertemuan antara Indonesia dan Malaysia sendiri sedikit banyak menyisakan sakit di hati para pecinta Timnas Indonesia. Pasalnya, pada gelaran edisi 2010 lalu, Indonesia yang begitu tampil dominan dan trengginan di bawah asuhan coach Alfred Riedl, harus tertunduk lesu di babak final setelah kalah agregat dari Malaysia yang sukses merengkuh gelar perdana mereka.

Lebih menyakitkannya lagi, Malaysia adalah tim yang dihantam telak dengan skor 5-1 oleh Bambang Pamungkas dan kolega di babak grup kala itu. Dan sakitnya lagi, di kualifikasi Piala Dunia 2022 grup G Zona Asia, Indonesia tertunduk dua kali dari dua laga melawan Malaysia. 

Sementara itu, calon lawan lainnya adalah Vietnam yang saat ini berstatus sebagai tim terbaik di Asia Tenggara. Selain menjadi satu-satunya tim Asia Tenggara yang lolos ke putaran final kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Vietnam saat ini juga memiliki peringkat FIFA terbaik diantara negara-negara Asean lainnya.

Dalam rilisan peringkat FIFA terbaru, Vietnam saat ini menduduki posisi 95 dunia, mengalahkan Thailand yang berada di posisi 122, dan Filipina yang sempat menjadi raja peringkat di Asean di peringkat 125.

Terlebih, laga melawan Vietnam tampaknya akan menjadi adu balas bagi Indonesia, setelah di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 grup G, skuat Garuda dua kali kalah dalam dua pertemuan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak