alexametrics

"My Universe" Coldplay x BTS Puncaki Chart Billboarddan Rolling Stone

Shinta Ci
"My Universe" Coldplay x BTS Puncaki Chart Billboarddan Rolling Stone
Potret BTS & Coldplay. (Soompi)

Single kolaborasi BTS dan Coldplay “My Universe” berhasil puncaki tangga lagu Billboard Hot 100!

Soompi melansir, pada tanggal 4 Oktober Billboard telah mengumumkan bahwa kolaborasi baru BTS dan Coldplay memulai debutnya di No 1 di chart Hot 100 (peringkat mingguan lagu-lagu paling populer di Amerika Serikat).

"My Universe" menduduki puncak chart dengan 11,5 juta streaming di Amerika Serikat, 5,5 juta tayangan siaran radio, dan 127.000 unduhan dan single fisik digabungkan.

Dirilis pada 24 September lalu, “My Universe” sekarang menjadi lagu keenam BTS yang menduduki puncak Hot 100 setelah “Dynamite,” “Savage Love (Laxed – Siren Beat)” dengan Jawsh 685 dan Jason Derulo, “Life Goes On,” “Butter ,” dan “Permission to Dance.” Grup ini telah mencapai enam kali menduduku No. 1 di chart Billboard Hot 100 hanya dalam satu tahun, membuat mereka menjadi grup tercepat kedua yang melakukannya setelah rekor The Beatles pada tahun 1964-1966.

“My Universe” juga merupakan lagu kelima BTS yang debut di tempat pertama di Hot 100, menjadikan BTS sebagai grup dengan lagu terbanyak yang berhasil debut di No. 1.

Selain itu, Billboard juga mengungkapkan bahwa "My Universe" adalah lagu kedua Coldplay yang berhasil menduduki Hot 100 setelah “Viva La Vida” pada tahun 2008.

“My Universe” juga menempati No. 1 di Billboard Global 200 dan Billboard Global Excl. Tangga lagu AS, yang memeringkat lagu berdasarkan streaming dan data penjualan dari lebih dari 200 wilayah negara berbeda. Single kolaborasi ini telah mencapai 95,4 juta streaming dan 142.400 unduhan di seluruh dunia antara 24 dan 30 September, dengan 84,4 juta streaming dan 90.500 unduhan tercatat di luar AS. Ini adalah keenam kalinya BTS mendududi No. 1 di chart Global 200 dan kelimanya di chart Global Excl. AS. Sementara itu, ini juga menjadi pertama kalinya Coldplay memuncaki kedua tangga lagu Billboard tersebut.

Lagu ini juga memasuki tangga lagu Digital Song Sales (yang mengukur penjualan digital di Amerika Serikat), debut di No. 1, menandai kesembilan kalinya BTS menguasai chart tersebut dan memperpanjang rekor mereka sebagai grup yang memilki lagu terbanyak yang memuncaki chart. Lagu ini juga memulai debutnya di puncak tangga lagu Hot Rock & Alternative Songs dan Hot Alternative Songs dan masuk di No. 21 di chart Streaming Songs, No. 23 di Alternative Airplay, No. 29 di Adult Pop Airplay, dan No. 33 di Pop Airplay.

Tidak hanya meenguasi berbagai chart Billbord, "My Universe" juga  berhasil masuk chart Rolling stone top 100 songs dan debut pada urutan Top 1. Lagu ini mengumpulkan 8,5 juta streaming, dan seperti banyak single BTS, lagu ini terjual dengan jumlah unduhan yang mengesankan, lebih dari 136.000 dari total 203.000 unduhan. Pencapaian ini pun sangat membanggakan karena berhasil melewati charting para artis-artis Hollywood, seperti Drake, Lil Nas X, hingga Justin bieber. 

Prestasi ini pun menjadi yang pertama kali bagi kedua grup yaitu Coldplay dan BTS dalam menduduki posisi No, 1 di chart Rolling Stone Top 100 Songs.

Rolling Stone chart sendiri adalah tabulasi popularitas mingguan lagu dan album di Amerika Serikat. Data grafik didukung oleh firma analitik Alpha Data (sebelumnya BuzzAngle Music) dan hasilnya dipublikasikan di situs web resmi Rolling Stone, yang keduanya merupakan properti dari Penske Media Corporation yang berbasis di Amerika Serikat dan bersaing dengan Bilboard Chart.

Selamat untuk kedua legenda musik, BTS dan Coldplay!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak