alexametrics

Susul Timnas, Tetangga Indonesia Amankan Tiket Kualifikasi Piala Asia 2023

M Fuad Shulkhan Tsania
Susul Timnas, Tetangga Indonesia Amankan Tiket Kualifikasi Piala Asia 2023
Laga Play-off kualifikasi Piala Asia 2023 antara Kamboja melawan Guam (dok. the-afc.com)

Langkah positif Timnas Indonesia yang mampu lolos ke babak utama play-off kualifikasi Piala Asia 2023 diikuti oleh sang tetangga, Kamboja. Bermain di babak play-off lainnya melawan Guam, Kamboja berhasi menyegel dua kali kemenangan tipis dan memastikan satu tempat di babak utama kualifikasi mendatang.

Pada pertandingan leg kedua babak play-off yang digelar di Khalifa Sports City Stadium, Manama, Kamboja mampu menuai hasil positif dan memenangi laga dengan skor tipis 2-1. Sejatinya pada leg kedua ini, Kamboja tertinggal terlebih dahulu pada menit ke 35 melalui gol yang dicetak oleh Devan Jakob Camacho Mendiola.

Mendapatkan umpan terobosan dari sisi kiri pertahanan Kamboja, Devan Jacob berhasil mendahului para pemain bertahan Kamboja dan melepaskan tendangan keras kaki kanan yang berhasil mengoyak gawang wakil Asia Tenggara tersebut.

Tak ingin melepaskan peluang untuk berkiprah di babak kualifikasi, Kamboja yang meningkatkan tempo permainan baru berhasil menyamakan kedudukan di babak kedua melalui aksi Sos Suhana di menit ke 49. Gol kemenangan Kamboja akhirnya tercipta pada menit ke 55 melalui Keo Sokpheng setelah memanfaatkan miss-koordinasi yang terjadi antara pemain bertahan Guam dengan penjaga gawang.

Keunggulan 2-1 yang dimiliki oleh Kamboja, pada akhirnya bertahan hingga usainya pertandingan. Dengan demikian, maka secara agregat Kamboja melaju ke babak utama kualifikasi dengan margin 3-1. Pasalnya, pada leg pertama lalu, mereka juga berhasil menang tipis 1-0 melalui gol tunggal yang dicetak oleh pemain bintang mereka Chan Vatanaka.

Kelolosan Kamboja ke babak kualifikasi tentu menjadi sebuah hal yang positif bagi persepakbolaan Asia Tenggara. Pasalnya, sebelum Kamboja memastikan satu tempat di babak kualifikasi, Indonesia telah memastikan satu slot terlebih dahulu. Pada babak play-off sebelumnya, Indonesia dalam dua kali laga berhasil mengandaskan perlawanan dari Taiwan.

Pada leg pertama, skuat Garuda berhasil menang tipi 2-1 melalui gol yang dicetak oleh Ramai Melvin Rumakiek dan juga Evan Dimas, sementara di leg kedua, Indonesia berhasil menang dengan skor yang lebih meyakinkan, 3-0 melalui gol yang dicetak oleh Egy Maulana Vikri, Ricky Kambuaya dan juga Witan Sulaeman.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak