alexametrics

Prediksi Para Pemain Utama Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-23

M Fuad S. T
Prediksi Para Pemain Utama Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-23
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dalam jump pers sehari jelang melawan Taiwan (dok. PSSI).

Selepas mengantarkan timnas Indonesia senior melaju ke babak kualifikasi Piala Asia 2023, Shin Tae-yong kini harus fokus menangani timnas Indonesia U-23 yang akan berjuang di gelaran kualifikasi Piala Asia U-23 pada akhir bulan Oktober ini.

Total 33 pemain yang dipanggil, dengan mayoritas adalah pemain yang dibawa Shin Tae-Yong bersama timnas senior ke Thailand beberapa waktu lalu, mengindikasikan jika pelatih asal Korea Selatan tersebut akan memakai para pemain tersebut sebagai kerangka tim. Tentu sangat menarik jika kita membedah kira-kira siapa saja yang akan mengisi posisi timnas U-23 dalam skema bermain 4-1-4-1 yang dikembangkan oleh coach Shin. 

1.  Penjaga gawang

Untuk posisi ini, akan sangat mungkin jika seorang Muhammad Riyandi akan di-plot sebagai penjaga gawang utama di timnas U-23. Pasalnya, pemain ini mendapat kepercayaan besar dari coach Shin Tae-yong dalam 3 pertandingan terakhir bersama timnas Indonesia.

Muhammad Riyandi yang masih berusia 21 tahun, mendapatkan tempat utama di timnas senior ketika Indonesia berhadapan dengan Uni Emirat Arab, dan dua laga play-off melawan Taiwan di Buriram beberapa waktu lalu.

2. Lini pertahanan

Empat pemain bertahan akan diisi oleh Pratama Arhan di sisi kiri, dan Asnawi Mangkualam Bahar di sisi kanan. Sementara dua full back, kemungkinan besar akan diisi oleh Rizky Ridho, yang bisa ditandemkan dengan Komang Teguh atau Alfeandra Dewangga yang kenyang pengalaman di level junior.

3. Lini tengah

Satu pemain “gantung” antara lini pertahanan dan lini tengah, akan menjadi milik pemain Persebaya Surabaya, Rachmat Irianto. Sementara empat peman tengah, di posisi sayap kanan ada Saddil Ramdani, di kiri akan diisi oleh Witan Sulaeman.

Sementara dua pemain kreatif yang dimiliki oleh Indonesia, yakni Syahrian Abimanyu dan juga wonderkid Ramai Melvin Rumakiek, akan menjadi duo kreator lini tengah skuat Garuda.

Namun, jangan lupa, lini tengah masih memiliki dua pemain berkelas pada diri Beckham Putra Nugraha dan juga Marselino Ferdinan yang bisa dikolaborasikan dengan para pemain yang tergabung di timnas senior beberapa waktu lalu.

4. Penyerang

Penyerang andalan Timnas U-16 dan Timnas U-19, Bagus Kahfi sepertinya akan dijadikan andalan dalam skema satu penyerang yang dikembangkan coach Shin. Pasalnya, Bagus Kahfi merupakan penyerang dengan tipikal yang disukai oleh Shin Tae-yong, yakni berani bertarung, penjemput bola, dan mampu bermain melebar.

Satu nama lain yang mungkin jadi kejutan adalah Hanis Sagara Putra yang dibawa oleh coach Shin ke Thailand lalu, tetapi belum mendapatkan jam bermain di timnas senior.

Itulah perkiraan para pemain yang akan mengisi skuat timnas Indonesia di kualifikasi Piala Asia U-23 melawan Australia mendatang. Bagaimana menurutmu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak