alexametrics

SM Entertainment Tanggapi Laporan CJ ENM Akan Akuisisi Saham Lee Soo Man

Shinta Ci
SM Entertainment Tanggapi Laporan CJ ENM Akan Akuisisi Saham Lee Soo Man
Logo CJ ENM & SM Entertainment. (Soompi)

Menyadur dari Soompi, CJ ENM dan SM Entertainment sedang dalam pembicaraan tentang kemungkinan akuisisi saham Lee Soo Man. Pada 21 Oktober, Maeil Business Newspaper melaporkan bahwa CJ ENM akan mengakuisisi SM Entertainment.

Media tersebut melaporkan bahwa sementara CJ ENM akan mengambil status produser eksekutif SM Entertainment Lee Soo Man sebagai pemegang saham terbesar perusahaan, tetapi Lee Soo Man akan terus menjalankan peran kepala yang mengarahkan bisnis konten perusahaan.

Lee Soo Man saat ini memiliki 18,73 persen saham SM Entertainment. Menurut laporan tersebut, CJ ENM menilai total nilai SM Entertainment berkisar antara 3 triliun hingga 4 triliun won (sekitar $2,5 miliar hingga 3,4 miliar) dan berencana untuk membeli semua saham Lee Soo Man dengan harga antara 600 miliar hingga 700 miliar won (sekitar $509 juta sampai 594 juta).

Selain itu, menurut laopran media tersebut kedua perusahaan juga membahas tengah kemungkinan CJ ENM membagi sektor bisnis musik mereka untuk bergabung dengan SM Entertainment. Mereka juga mempertimbangkan opsi untuk menjadikan CJ ENM sebagai pemegang saham terbesar sementara Lee Soo Man menyimpan sebagian sahamnya.

Menanggapi laporan tersebut, SM Entertainment menyatakan, “Kami sedang berdiskusi dengan berbagai perusahaan dari beberapa sudut, dan tidak benar bahwa perjanjian akuisisi akan segera ditandatangani”

CJ ENM juga mengatakan, “Kami sedang meninjau berbagai metode untuk pertumbuhan bisnis musik kami, tetapi tidak ada yang dikonfirmasi.”

Saat ini, SM Entertainment memiliki kapitalisasi pasar 1,38 triliun won (sekitar $1,2 miliar), yang hanya sepersepuluh dari kapitalisasi pasar HYBE sebesar 11,3 triliun won (sekitar $9,9 miliar). Namun, diyakini bahwa SM Entertainment terus berkinerja baik di pasar domestik dan luar negeri dan harga sahamnya akan terus naik.

Pada tanggal 4 Agustus lalu saja harga saham SM C&C telah naik 1.055 won, dan sahamnya diperdagangkan pada 6.000 won ($5,25). SM C&C adalah afiliasi dari SM dan grup media hiburan komprehensif yang memproduksi video, seperti film dan program TV.

Pada saat yang sama, harga saham SM juga naik 6.400 won (sekitar $5,60), dan sahamnya diperdagangkan pada 69.100 won (sekitar $60,44). Selain itu, harga saham SM Life Design, yang merupakan bisnis percetakan yang menciptakan produk seperti album, naik 230 won (sekitar 20 sen), dan sahamnya diperdagangkan pada 3.560 won (sekitar $3,11).

Jadi, bagaimana menurutmu, apakah setuju jika SM Entertainment diakusisi oleh CJ ENM?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak