alexametrics

Mengenal Sosok Ismail Marzuki, yang Tampil di Google Doodle Hari Pahlawan

Qomariah Dianti
Mengenal Sosok Ismail Marzuki, yang Tampil di Google Doodle Hari Pahlawan
Foto Ismail Marzuki (Wikipedia)

Menyambut hari pahlawan yang jatuh pada hari ini (10/11), Google Doodle menampilkan sosok pahlawan nasional Indonesia, Ismail Marzuki.

Siapa Ismail Marzuki?

Mungkin sebagian besar dari kita sudah tidak asing lagi mendengar nama Ismail Marzuki. Namun, siapakah sebenarnya sosok Ismail Marzuki?

Ismail Marzuki merupakan salah satu tokoh pahlawan nasional yang juga dikenal sebagai seorang komponis besar Indonesia, dan memiliki begitu banyak karya luar biasa.

Ismail Marzuki lahir di Jakarta pada tanggal 11 Mei 1914, dengan nama Ismail. Nama Marzuki sendiri berasal dari nama ayahnya, maka nama sebenarnya beliau yakni, Ismail bin Marzuki. Hanya saja orang-orang lebih banyak memanggilnya dengan nama Ismail Marzuki, dan nama itulah yang dikenal hingga saat ini.

Ismail Marzuki merupakan seseorang yang memiliki ketertarikan mendalam dalam bidang seni. Di umurnya yang ke-17, ia memulai debutnya dalam bermusik lewat karya pertamanya "Oh Sarinah," di mana syairnya dibuat dalam bahasa Belanda pada tahun 1931. Selanjutnya, ia sempat tergabung dalam perkumpulan orkes musik, klub musik, hingga orkestra radio.

Banyak sekali karya hebat yang telah dihasilkan oleh sosok Ismail Marzuki ini. "Gugur Bunga," "Rayuan Pulau Kelapa," "Ibu Pertiwi," "Halo-Halo Bandung," dan "Indonesia Pusaka" merupakan beberapa karya populer di antara banyaknya karya yang berhasil ia ciptakan.

Atas kontribusinya dalam bidang seni di Indonesia, maka pada tahun 2004, Ismail Marzuki dinobatkan sebagai salah satu tokoh pahlawan nasional Indonesia.

Sebelumnya, pada 10 November 1968, ia juga mendapat anugerah penghomatan dengan diresmikannya sebuah pusat kesenian dan kebudayaan di Jakarta yang diberi nama Taman Ismail Marzuki.

Harapan pembuat ilustrasi Google Doodle Ismail Marzuki

Ilustrasi google doodle yang menampilkan Ismail Marzuki ini dibuat oleh seorang seniman asli Indonesia, Ykha Amelz.

Pembuatan ilustrasi ini diharapkan dapat mengingatkan orang-orang akan sosok Ismail Marzuki lewat karya lagunya, dan teringat akan semangat juang yang dimiliki beliau untuk musik lokal, serta kebebasan berekspresi.

Itulah tadi bahasan singkat mengenai Ismail Marzuki yang tampil dalam Google Doodle hari ini. Semoga kita semua bisa mengenang kembali sosok Ismail Marzuki beserta semangat juang yang dimilikinya. Selamat Hari Pahlawan!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak