facebook

Pembaruan Pemandian Air Panas Brumbung Bersama Mahasiswa KKN Universitas Trunojoyo Madura

Rafiqi A'azzul Akrom
Pembaruan Pemandian Air Panas Brumbung Bersama Mahasiswa KKN Universitas Trunojoyo Madura
Gotong royong pembuatan taman bermain di wisata Pemandian Air Panas Brumbung (Doc. Pribadi) / Rafiqi

Pengabdian Masyarakat LPPM Universitas Trunojoyo Madura (UTM) oleh Mahasiswa KKN Kelompok 43 melaksanakan kegiatan gotong royong untuk pembaharuan wisata Pemandian Air Panas Brumbung yang terletak di Dusun Tepanas, Desa Kranji, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur pada hari Sabtu (27/11/21).

Kegiatan gotong royong ini sudah dimulai sejak awal bulan November 2021. Dilaksanakan sekitar pukul 12.00 WIB setiap hari setelah mahasiswa KKN selesai mengajar di sekolah yang ada di dusun. Kegiatan ini diawali dengan bersih-bersih area wisata, kemudian mendesain ulang tempat-tempat foto, program selanjutnya adalah pembuatan taman bermain (playground). Sebagai salah satu potensi desa yang harus dikembangkan, wisata Pemandian Air Panas Brumbung perlu ada pembaharuan guna memanjakan pengunjung yang hendak berendam maupun yang sekadar berwisata menikmati pemandangan asri di sekitar kolam.

Lokasi pembuatan taman terletak di belakang kolam kecil untuk anak-anak. Sebab memang tujuan dibuatnya untuk memfasilitasi pengunjung yang membawa anak-anaknya, agar dapat bermain dengan permainan yang disediakan, tidak hanya berenang di kolam saja. "Syukurlah ada bantuan dari mahasiswa KKN, proses pembaharuan wisata jadi lebih cepat," ujar Pak Kasrun selaku Kepala Dusun Tepanas.

Tempat bermain yang akan dibuat adalah rumah pohon, panjat tali, dan tak lupa tempat bersantai bagi pengunjung berupa gazebo, yang di sekelilingnya ditanami tanaman bunga dan sejenisnya. Selain taman bermain, mahasiswa KKN juga mendesain ulang tempat-tempat foto bagi pengunjung, pemberian kosa kata bahasa inggris-indonesia, dan kata-kata motivasi di sudut-sudut tertentu juga dilakukan agar kesan edukasinya tidak ketinggalan. "Beberapa dari mahasiswa KKN ada yang dari jurusan bahasa Inggris, jadinya ya tetap mengabdi sesuai dengan bidangnya," ungkap Suhesti, salah satu mahasiswa KKN.

Selama kegiatan gotong royong berlangsung, beberapa warga dusun juga ikut untuk membantu pembuatan taman bermain. Di antara keramaian pengunjung, mahasiwa KKN dan beberapa warga dusun tetap semangat untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Dengan diperbaruinya fasilitas yang ada di wisata Pemandian Air Panas Brumbung, harapannya semoga pengunjung merasa nyaman ketika berjunjung serta menarik pengunjung lain untuk datang ke tempat wisata. Pembangunan taman wisata ditargetkan akan selesai akhir Desember 2021 nanti.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak