facebook

Kebebasan Pers di Era Modern

ZEIN ZAHIRATUL FAUZIYYAH
Kebebasan Pers di Era Modern
Ilustrasi Jurnalis [shutterstock]

Kebebasan pers saat ini terasa terpenjara oleh kepentingan pribadi. Termasuk dalam ranah Pemerintahan, Pers sering disalahgunakan untuk meraih keuntungan pribadi. Menurut pendapat sejumlah jurnalis, hal tersebut mendatangkan dampak negatif untuk masyarakat yang ingin menyuarakan pendapat. 

Kebebasan pers dalam negara demokrasi bertujuan menyampaikan informasi yang mendukung masyarakat untuk ikut mengambil peran. Namun, hal tersebut seperti tidak digunakan di era modern saat ini.

“Sementara ini insan pers seolah terkekang di dalam kebebasan pers itu sendiri. Maksudnya banyak teman-teman pers ingin menyuarakan aspirasi rakyat, semisal memberitakan demo terhadap pemerintah, tapi mereka enggan meliput karena tidak akan dipublikasikan,” ujar Bahril Ulum, Jurnalis TV Alwaha saat diwawancara melalui video call WhatsApp (9/12/2021)

“Ternyata pemilik perusahaan sepertinya telah mendapatkan tekanan dari pemerintah untuk tidak melakukan hal tersebut, atau mungkin oknum pers di redakturnya telah dibeli oleh pemerintah agar hanya memberitakan yang baik baik saja.” lanjut bahril

Di sisi lain, era modern yang semakin canggih memunculkan kekhawatiran akan kebebasan pers. Jurnalis harus lebih cepat dalam menyampaikan informasi untuk mencegah adanya berita palsu yang tersebar dari ranah pribadi melalui media sosial. 

“Pemberitaan sebelum dan sesudah era modern memiliki perbedaan terutama dalam ranah media sosial. Sebelum berkembang pesatnya media sosial, pemberitaan justru lebih detail karena melalui berbagai proses dan dari berbagai narasumber, serta disusun menjadi sebuah berita yang utuh. Sebab, waktu yang dimiliki jurnalis dahulu lebih panjang,” ujar Muhammad Abdul, Mahasiswa Jurnalistik UIN 2017 saat diwawancara melalui video call WhatsApp (9/12/2021)

“Berbeda dengan berkembangnya media sosial sekarang, berita cenderung singkat dan selalu update. Sehingga, diberitakan secara berkala dan belum sepenuhnya detail. kelemahannya masyarakat harus memperbaharui informasi. jika tidak mereka akan mendapatkan berita yang setengah-setengah, yang dapat mengakibatkan informasi tidak sesuai dengan fakta (hoaks)," lanjutnya.

Pers menjadi bagian penting dalam perkembangan sebuah negara. Pers memberikan kontribusi besar dalam menyampaikan segala jenis informasi yang dibutuhkan masyarakat dengan segala tingkatannya. Terutama di Era Modern saat ini, setiap masyarakat perlu mengetahui bagaimana kinerja pemerintah sehingga mampu mengontrol kekuasaan.

“Saya berharap pers tetap menjadi sebuah institusi yg bebas. tidak menjadi sesuatu yang dimanfaatkan untuk kepentingan segelintir pihak. Termasuk untuk kepentingan sepihak kekuasaan pemerintah,” harap Bahril

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak