facebook

Apa itu Metaverse? dan Apa Saja Dampak Positif dan Negatifnya?

Aditya Abdi
Apa itu Metaverse? dan Apa Saja Dampak Positif dan Negatifnya?
Ilustrasi Metaverse. [Freepik]

Pada tanggal 29 Oktober 2021, Mark Zuckerberg sebagai CEO sekaligus pendiri Facebook ini mengubah nama perusahaannya dari Facebook Inc. menjadi Meta Platforms Inc. dikarenakan saat ini visi masa depan perusahaannya adalah metaverse.

Tak lama pun berita metaverse ramai diperbincangkan di berbagai media sosial, mulai dari Twitter, Facebook, hingga ke Instagram.

Namun, apakah kalian tahu apa itu metaverse? Dan apa saja dampak positif dan negatif dari metaverse ini? Jika tidak, yuk mari kita baca artikel ini hingga selesai untuk menambah wawasan kita mengenai metaverse yang sedang ramai diperbincangkan!

Pengertian Metaverse

Tahukah kalian kalau istilah metaverse pertama kali digunakan dalam sebuah novel keluaran tahun 1992 yang berjudul Snow Crash. Pembuat novel Snow Crash sendiri adalah Neal Stephenson, seorang penulis kelahiran tahun 1959.

Pada novel ini, metaverse digambarkan sebagai dunia virtual yang di mana kita dapat mengunjunginya melalui perangkat VR (Virtual Reality).

Di metaverse ini kita dapat dapat berkolaborasi, berinstraksi, dan berkomunikasi tanpa harus berada di ruangan yang sama. Mark Zuckerberg, menggambarkan dunia virtual ini atau metaverse sebagai tempat yang bisa kita masuki, alih-alih hanya dengan melihat layar saja.

Dampak Positif dari Metaverse

Adapun dampak positif dari metaverse sebagai berikut:

1. Pengalaman

Dengan adanya Metaverse ini, kita dapat menjadi siapa saja dan dimana saja. Selain itu, kita juga dapat mewujudkan fantasi yang kita miliki dan dengan pengalaman tersebut dapat menjadi sebuah lompatan baru dalam perkembangan teknologi.

2. Ekspresi

Media sosial seperti Instagram atau yang lainnya saat ini cuma hanya menampilkan profil seseorang dalam bentuk tulisan, gambar dan video saja, namun dalam metaverse, kita ditampilkan dalam bentuk avatar 3D. Oleh karena itu, kita dapat mendesain karakter diri kita sendiri sampai bisa memperlihatkan ekspresi yang kita alami kepada orang lain.

3. Teleportasi

Kalau yang satu ini pasti kalian sudah tau dong maksudnya apa? Nah, jadi kita dalam metaverse ini bisa berpergian ke berbagai tempat hanya dengan diam di dalam ruangan saja, keren sekali bukan?

4. Meningkatkan Produktivitas

Dengan adanya metaverse ini, pengembang berharap selain bermain dan berinteraksi, para penggunanya juga bisa meningkat produktivitasnya.

Tentunya hal ini bisa saja terjadi, mengingat dunia virtual ini seperti dunia fantasi yang pastinya akan membuat kita merasa lebih bersemangat.

Dampak Negatif dari Metaverse

Nah, karena barusan kita sudah membahas dampak positif dari metaverse, sekarang kita akan membahas dampak negatifnya. 

Adapun dampak negatif dari metaverse sebagai berikut:

1. Keamanan Data Diri

Sudah pasti kalau berhubungan dengan internet itu pasti selalu ada saja bahaya terkait keamanan data diri, misalnya, kita ingin mendaftar akun Instagram, maka kita akan disuruh untuk mengisi data diri kita untuk proses pembuatan akun Instagram.

Seperti yang kita tahu, kalau di internet ini rawan sekali pencurian data, contoh seperti berita yang belum lama ini terjadi kalau ada pencurian data pada aplikasi PeduliLindungi.

Oleh karena itu saya rasa pencurian data diri ini mungkin akan semakin mudah karena sekarang saja di internet sering terjadi pencurian data.

2. Menimbulkan Adiksi

Banyak sekali orang-orang yang kecanduan dengan hp dan media sosialnya, bahkan bisa mengabiskan waktu berjam-jam hanya untuk scroll timeline media sosial.

Dari hal ini kita dapat membayangkan jika metaverse ini sudah ramai digunakan oleh orang-orang, maka pasti akan banyak orang yang kecanduang dengan dunia virtualnya.

Hayo jujur, berapa jam kalian dalam sehari untuk bermain media sosial?

3. Depresi

Media sosial seperti Twitter, Instagram, Tiktok, Facebook, dan lainnya yang hanya sebatas tulisan, foto, dan video saja bisa membuat orang depresi bahkan untuk melakukan bunuh diri karena banyaknya kasus cyberbullying. Hal ini tentunya bisa saja terjadi di metaverse.

Demikianlah pengertian metaverse beserta dampak positif dan negatifnya yang dapat saya sampaikan. Jika ada pertanyaan terkait metaverse ini, silahkan komen di bawah yah. Sekian dan terima kasih.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak