facebook

Guna Menciptakan Pola Pikir Positif, Mahasiswa UMM Lakukan Olahraga dan Bermain Bersama di Panti Asuhan Akhlaqul Karimah

Rozzy Akhmad
Guna Menciptakan Pola Pikir Positif, Mahasiswa UMM Lakukan Olahraga dan Bermain Bersama di Panti Asuhan Akhlaqul Karimah
Kegiatan bermain bersama anak-anak Panti Asuhan Akhlaqul Karimah. (DocPribadi/MahasiswaUMMPMM)

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) lakukan kegiatan olahraga dan bermain bersama, dengan anak-anak Panti Asuhan Akhlaqul Karimah, Kelurahan Merjosari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang (17/12/2021). Kegiatan ini merupakan salah satu wujud dari program kerja “Meningkatkan Pola Pikir Positif” yang digalang oleh mahasiswa UMM sebagai Pengabdian Masyarakat oleh Masasiswa (PMM) di panti asuhan tersebut.

Salah satu upaya untuk menciptakan pola pikir positif adalah dengan membuat suasana hati menjadi tenang dan senang, hal tersebut dapat dilakukan dengan berolahraga ataupun bermain. Kegiatan olahraga bersama dilakukan dengan bermain sepak bola, bersama anak-anak panti asuhan terutama bagi yang laki-laki. Bagi yang perempuan kelompok PMM ini mengadakan permainan tradisional, yakni berupa permainan “kotak pos”. Terlihat sekali semangat dan antusiasme anak-anak panti dalam mengikuti kegiatan ini.

Manfaat dari kegiatan tersebut adalah untuk menumbuhkan semangat dan motivasi kepada anak-anak panti asuhan pentingnya bermain diluar ruangan, karena akan meningkatkan kemampuan motorik dan sosial pada anak. Selain itu, bermain diluar ruangan dapat mendukung kesehatan fisik secara keseluruhan serta dapat meningkatkan kreativitas dan keberanian pada anak. Hal inilah yang menjadi poin penting dalam pelaksanaan program kerja  “Meningkatkan Pola Pikir Positif” yang diadakan kelompok PMM dan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapang (DPL) Yaris Adhial Fajrin, S.H., M.H. ini.

Rozzy, selaku ketua koordinator PMM Gelombang 18 Kelompok 3 ini mengatakan bahwa saat ini, anak-anak muda milenial lebih suka menghabiskan waktunya dengan bermain gadget sepanjang hari dibanding bermain di luar ruangan. Hal ini merupakan salah satu kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan, terlebih saat ini kita hidup di era digital, di mana manusia tak dapat lepas dari kecanggihan teknologi, terutama gadget. Apalagi anak-anak Panti Asuhan Akhlaqul Karimah sudah memiliki smartphone masing-masing. Memang, smartphone yang digunakan hanya sebatas untuk menunjang pembelajaran secara daring (online), tetapi beberapa dari mereka lebih sering bermain dengan smartphone -nya ketimbang bermain bersama anak-anak panti yang lain di luar.

Dengan diadakannya program olahraga dan bermain bersama ini, kelompok PMM Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), berharap penerapan pola pikir positif dapat terus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari di Panti Asuhan Akhlaqul Karimah, Malang.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak