alexametrics

Universitas Aisyiyah Yogyakarta Ikut Berperan Tangani Pandemi Covid-19 dengan Gelar 6500 Vaksinasi

Nur Mauludia Azizah
Universitas Aisyiyah Yogyakarta Ikut Berperan Tangani Pandemi Covid-19 dengan Gelar 6500 Vaksinasi
UNISA Yogyakarta Gelar Vaksinasi Kuota 6500. Rabu (25/08/2021) (DocPribadi/ludiaaziz)

Tentu sudah tidak asing lagi bagi kita mendengar tentang Corona Virus Disease 2019 atau yang lebih dikena dengan nama Covid-19. 

Covid-19 adalah salah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh SARS-CoV-2 dan mengakibatkan terjadinya infeksi saluran pernapasan dengan gejala seperti demam, batuk, kehilangan rasa dan bau, serta sakit tenggorokan dan kelelahan.

Wabah yang terjadi di seluruh dunia ini memberikan dampak yang buruk bagi semua kalangan. Oleh karena itu, diperlukan adanya komitmen dan kontribusi dari seluruh lapisan masyarakat dalam memberantas mata rantai penularan Covid-19.

Rektor Universitas Aisyiyah Yogyakarta (UNISA), Warsiti, S.Kp., M.Kep., Sp. Mat kembali mengingatkan kepada seluruh mahasiswa serta masyarakat sekitar kampus unisa agar menerapkan 5M dalam kehidupan sehari-hari selama pandemi Covid-19. Beliau mengatakan untuk selalu mengenakan masker dengan baik dan benar, mencuci tangan dengan sabun, mengurangi mobilitas, menjaga jarak minimal 1 meter, dan menghindari kerumunan.

UNISA Yogyakarta sebagai kampus kesehatan sudah seharusnya berkontribusi dalam pencegahan Covid-19. Dalam salah satu upayanya yaitu melaksanakan program vaksinasi Covid-19 bagi para mahasiswa dan masyarakat sekitar kampus UNISA Yogyakarta.

Selain itu, UNISA juga mengadakan seminar-seminar nasional tentang Covid-19, memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya Covid-19 dan cara pencegahannya.

Menurut Warsiti selaku Rektor UNISA Yogyakarta Program Vaksinasi Covid-19 dilakukan sebagai upaya untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian karena Covid-19.

Kegiatan vaksinasi ini berlangsung pada 25-28 Agustus 2021, dengan kuota 6500 peserta. Dosis pertama vaksinasi dilaksanakan di Gedung B UNISA Yogyakarta dan dihadiri oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, dan Ketua Umum PP 'Aisyiyah Siti Noordjannah Djohantini. 

Rektor UNISA Yogyakarta Warsiti, S.Kp., M.Kep., Sp. Mat menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kontribusi nyata UNISA Yogyakarta dalam mendukung program vaksinasi Covid-19 di DIY.

Selain menggelar vaksinasi, UNISA Yogyakarta juga berupaya bersama dengan pemerintah menyediakan ruang isolasi di asrama kampus UNISA Yogyakarta yang berlokasi di Jalan Siliwangi, Gamping, Sleman.

Warsiti menekankan bahwa pentingnya kerja sama dan koordinasi yang baik antarpihak. Kampus bertanggung jawab untuk bekerja dengan masyarakat untuk mengatasi masalah pandemi.

Kerja sama antara masyarakat dan pemerintah diperlukan untuk mengendalikan kasus-kasus rutin dan pada akhirnya akan menghilangkan pandemi Covid-19. Namun, reaksi ini juga bisa menimbulkan emosi negatif jika tidak ditangani dengan baik.

Dengan keterlibatan lembaga pendidikan seperti Universitas Aisyiyah Yogyakarta diharapkan bisa meminimalisir infeksi penularan Covid-19, sehingga wabah ini bisa cepat teratasi. Masyarakat bisa segera beraktivitas seperti biasanya dan para pelajar serta tenaga pendidikan juga bisa melakukan pembelajaran secara offline.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak