facebook

5 Cara Menjaga Kesehatan Selama Pandemi Covid-19, Baik untuk Fisik dan Psikologis

arie dwirisky
5 Cara Menjaga Kesehatan Selama Pandemi Covid-19, Baik untuk Fisik dan Psikologis
Ilustrasi virus Covid-19. (freepik.com)

Virus Covid-19 telah menyebar di Indonesia sejak awal tahun 2020. Tak ayal, penyebaran virus ini mengakibatkan masyarakat panik dan terkena dampak dari virus Covid-19. Selain menjaga jarak dan menerapkan protokol kesehatan, kita juga harus menjaga kesehatan fisik dan psikologis. Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Nah, berikut empat cara menjaga kesehatan fisik dan mental yang bisa kamu lakukan selama pandemi Covid-19.

1. Rutin berolahraga

ilustrasi animasi sedang olahraga (freepik.com)
Ilustrasi animasi sedang olahraga (freepik.com)

Olahraga sangat memberikan manfaat kepada tubuh, baik fisik maupun psikologis. Tentu saja dengan berolahraga dapat memengaruhi sistem imunitas di dalam tubuh.

Tidak perlu berolahraga yang berat, dengan hanya olahraga simpel dirumah kamu bisa menjaga imuntas tubuh kamu di saat pandemi ini. Kamu juga bisa mencari video rujukan untuk olahraga simpel yang dapat dilakukan pada pagi hari.

2. Mengatur pola makan

ilustrasi animasi sedang makan (freepik.com)
ilustrasi animasi sedang makan (freepik.com)

Cara ini juga perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan saat pandemi, dengan menjaga pola makan yang sehat dan seimbang. Kamu juga bisa melakukan diet sehat, dengan mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran, serta protein dalam makanan harian.

Dengan mengatur pola makan kamu dapat dua hal, yaitu membuat tubuh lebih sehat dan menjaga imunitas tubuh dari virus Covid-19. Dengan begitu, kamu tidak hanya menjaga imunitas tubuh tetapi bisa meminimilasir penyebaran virus COVID-19.

3. Menjaga waktu tidur

ilustrasi animasi sedang tidur (freepik.com)
ilustrasi animasi sedang tidur (freepik.com)

Dengan tidur yang cukup, tubuh kamu mendapat banyak hal positif yang bisa dirasakan. Menjaga waktu tidur dapat menjaga sistem kekebalan bekerja dengan baik dan meningkatkan imunitas tubuh.

Selain itu dengan menjaga waktu tidur, tubuh kamu bisa lebih segar disaat pagi hari dan dapat mengendalikan stres yang membuat kamu lebih fokus saat beraktivitas. Dengan begitu, kamu bisa memulai hari dengan tubuh yang fit.

4. Luangkan waktu untuk berkomunikasi

ilustrasi animasi sedang berbincang (freepik.com)
ilustrasi animasi sedang berbincang (freepik.com)

Tanpa disadari, menjaga komunikasi sangat penting untuk kesehatan psikologis selama pandemi Covid-19, lho! Halangan untuk berpergian ke luar rumah, mengakibatkan hilangnya waktu kamu untuk bersosialisasi secara tatap muka dengan orang lain. Bagi beberapa orang, kejadian ini bisa menimbulkan stres.

Nah, agar tetap menjaga kesehatan mental Kamu, sempatkan waktu untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui ponsel atau video call. Selain itu, kamu juga bisa menonton tv, membaca buku, dan apa pun yang kamu sukai agar tetap menjaga kesehatan mental kamu.

5. Menjaga kebersihan

ilustrasi animasi sedang mandi (freepik.com)
ilustrasi animasi sedang mandi (freepik.com)

Menjaga kebersihan tentu saja perlu di saat pandemi Covid-19 ini, karena bisa menyebar dari sentuhan dan udara. Oleh karena itu, kamu harus menjaga lingkungan rumah dan diri, agar tetap bersih.

Cara lainnya juga adalah saat kamu pulang dari luar rumah, kamu harus segera mandi dan mencuci pakaian kamu sebelum bersentuhan kepada keluarga. Dengan menjaga kebersihan, kamu dapat mencegah atau meminimalisir penularan virus Covid-19 ini.

Nah, itulah lima cara untuk menjaga kesehatan saat pandemi, yang baik untuk fisik dan psikologis. Pastikan saat di luar rumah, kamu tetap menjaga dan menerapkan protokol kesehatan yang sudah diterapkan pemerintah, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak