facebook

Bantu Tekan Penyebaran Covid-19,UNISA Yogyakarta Tetapkan UAS secara Hybrid

Eza Tri
Bantu Tekan Penyebaran Covid-19,UNISA Yogyakarta Tetapkan UAS secara Hybrid
E-learning system UNISA yang menunjang perkuliahan selama masa pandemi.[UNISA]

Universitas 'Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta memberlakukan Ujian Akhir Semester (UAS) Gasal 2021/2022 pada Senin (24/1). Dalam pelaksanaannya, UNISA menggunakan metode hybrid. Hal tersebut didasari oleh Kebijakan Akademik No 164/UNISA/AD/XI/2021 mengenai Pelaksanaan Ujian Selama Masa Pandemi Covid 19.

Salah satu mahasiswa UNISA dari Prodi Akuntansi mengatakan "Dalam pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) via online ini sangat bagus,dikarenakan e-learning system yang disediakan oleh Unisa mudah untuk di akses yang membuat mahasiswa tidak kerepotan." Tentunya UAS hybrid ini membuat mahasiswa UNISA tidak harus bertatap muka langsung bersama dosen, adanya E-learning System memudahkan mahasiswa dalam mengerjakan UAS.

Dalam pelaksanaan UAS gasal 2021/2022 secara ujian tatap muka memiliki kapasitas 30% hingga 50% dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Dalam hal ini, ujian yang tatap muka di tujukan pada matakuliah yang mengharuskan mahasiswanya untuk melakukan praktik langsung. 

Para dosen pun mengungkapkan banyak dari mereka yang merasa senang dengan adanya UAS secara hybrid ini. UNISA tentunya sudah menyiapkan semua sarana dan prasarana yang memudahkan para dosen untuk membimbing dan memberikan Ujian kepada mahasiswa lebih mudah lagi. Hybrid ini tentunya sudah dilaksanakan oleh UNISA sebelum UAS di mulai, bahkan sudah melaksanakan Ujian Tengah Semester (UTS) gasal 2021/2022 secara hybrid. Dengan pengalaman tersebut, tentunya mahasiswa dan dosen pun diharapkan sudah menyiapkan diri lebih matang lagi.

E-learning system ini juga tentunya sudah dapat menunjang perkuliahan mahasiswa pada masa pandemi, di e-learning system ini pula dosen dapat membagikan materi serta penugasan kepada mahasiswa. Begitu juga sebaliknya, mahasiswa dapat mengulas serta mengumpulkan penugasan yang diberikan oleh dosen. Dengan bagitu mahasiswa tidak perlu repot-repot datang kekampus untuk mengumpulkan penugasan kepada dosen secara langsung. Hal inilah yang dapat menekan penyebaran Covid-19 di sekitar kampus UNISA Yogyakarta. 

Adanya perkuliahan hingga dengan Ujian Akhir Semester hybrid  ini, tentunya kita harapkan Covid-19 dapat hilang sesegera mungkin. Menjadikan kehidupan new normal pun belum tentu bisa membuat kita terlepas dari jeratan virus mematikan ini. Jangan kendorkan prokes, tetap hidup sehat dan menggunakan masker, kita tidak bisa menghilangkan virus ini, tetapi kita bisa menekan kelonjakan di Indonesia. Kebijakan yang diambil oleh UNISA tentunya untuk membantu pemerintah menekan angka Covid-19 di Indonesia tentunya di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak