facebook

Pelantikan Dewan Mahasantri Mahad Aly Nurul Qarnain Jember

Rozi Rista Aga Zidna
Pelantikan Dewan Mahasantri Mahad Aly Nurul Qarnain Jember
Pelantikan Dema Ma'had Aly (Dok. Pribadi/Fathorrozi)

Sebagai lembaga yang setara perguruan tinggi, Ma'had Aly Nurul Qarnain, Sukowono, Jember, terus berbenah menjaga kualitas, salah satunya melalui nilai kompetitif mahasantri dengan melaksanakan pergantian masa bakti Dewan Mahasantri (Dema) Ma’had Aly Nurul Qarnain dan Pengurus Redaksi Buletin Mahasantri Ma’had Aly Nurul Qarnain (Buletin Diwan) Masa Bakti 2022/2023.

Pelantikan ini berlangsung pada Jumat (28/1/2022), ba’da Isya’ pukul 19.20 WIB ini, berjalan khidmat dengan dihadiri seluruh Civitas Ma'had Aly Nurul Qarnain dan seluruh mahasantri.

Acara yang bertempat di Aula Pesantren ini diawali dengan pembacaan surah al-Fatihah, kemudian disusul dengan sambutan oleh Muhammad Hamdi sebagai Ketua Dema Masa Bakti 2021/2022. 

“Kami ucapkan syukran jazilan, terima kasih yang tidak terhingga kepada teman-teman seperjuangan yang tetap satu komando berupaya memajukan lembaga kita tercinta ini, terima kasih pula atas kepercayaan dari keluarga besar Ma’had Aly Nurul Qarnain yang telah memberi amanah kepada kami. Kami sadar, di sana-sini pasti ditemukan banyak kekurangan. Oleh karena itu, dari lubuk hati yang terdalam, kami mohon maaf sebesar-besarnya. Dan kami berharap Dema berikutnya dapat lebih baik dari kami serta mampu menambal kekurangan-kekurangan Dema sebelumnya,” ucap Muhammad Hamdi dalam sambutannya.

Selain itu, Ustaz Saiful Hadi, M.Ag selaku Kabiro LP2M Ma'had Aly Nurul Qarnain, mengurai maksud diadakannya Dema di lembaga Ma’had Aly. 

“Maksud kami adalah untuk meningkatkan intelektual mahasantri, yang nantinya Dema ini akan membuat program kegiatan-kegiatan ilmiah. Di samping itu, mereka tetap mempertahankan pembelajaran nilai kemahasantrian dengan berkerjasama meningkatkan solidaritas dan tanggung jawab,” katanya menyampaikan maksud membentuk Dema Ma’had Aly.

“Saya berharap, Dema yang diangkat malam ini ke depannya dapat menjaga dua hal, yaitu solidaritas dan tanggung jawab. Karena setiap tujuan yang diinginkan tidak akan tercapai tanpa dua hal tersebut,” harap Kabiro LP2M Ma'had Nurul Qarnain.

Dema Ma’had Aly dan Pengurus Redaksi Buletin Diwan dilantik oleh Kabiro Akademika, Ustaz Ahmad Syahroni, M.Ag, dengan pembacaan ikrar yang diikuti oleh seluruh anggota terlantik.

Setelah itu, Kabiro Akademika Ma'had Aly tersebut menuturkan harapan agar Dema Masa Bakti 2022/2023 mampu menjadi penggerak keilmuan dan perjuangan agama Islam dengan mengorbankan jiwa dan pikiran.

“Khusus untuk Pengurus Redaksi Buletin Diwan, jangan sampai karya yang telah ditulis diniatkan untuk menjual ilmu. Akan tetapi, ikhlaskan dalam hati, serta tanamkan bahwa karya-karya tulis itu merupakan syiar ilmu dari kalian untuk umat, dan semoga itu menjadi jalan keberkahan ilmu kalian selama belajar di Ma’had Aly,” ungkap Ustaz Ahmad Syahroni, M.Ag.

Acara yang berakhir pada pukul 20.33 ini, ditutup dengan potong tumpeng oleh Ketua Dema Masa Bakti 2022/2023, Ahmad Azaim, kemudian dihaturkan kepada seluruh civitas Ma'had Aly Nurul Qarnain, serta dilanjut dengan makan bersama oleh seluruh mahasantri.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak