facebook

Bahaya Jika Dibiarkan Lama, Ini Cara Mengobati Buang Air Besar Berdarah

Rio Rizalino
Bahaya Jika Dibiarkan Lama, Ini Cara Mengobati Buang Air Besar Berdarah
Ilustrasi Buang Air Besar (freepik)

Buang air besar berdarah disebabkan oleh penyakit wasir atau ambeien. Penyakit ini bisa muncul seiring dengan meningkatnya aktifitas, sehingga kita lupa waktu.

Salah satunya dengan padatnya pekerjaan di kantor, sehingga kita jarang bergerak, hanya duduk di kursi dalam waktu lama.

Penyebab buang air besar berdarah

Mengapa bisa terjadi buang air besar berdarah? Sebelumnya kita masuk dalam pembahasan cara mengobati buang air besar berdarah, kenali dulu penyebabnya.

Pendarahan tersebut berasal dari saluran pencernaan yang bermasalah seperti lambung, anus, rektum, atau bagian bawah usus besar.

Penyebab utama buang besar berdarah di antaranya:

1. Wasir atau Ambeien

Umumnya BAB berdarah disebabkan oleh wasir. Hal tersebut disebabkan oleh pembengkakan dan peradangan pada saluran cerna bagian bawah yaitu jaringan anus

2. Fisura ani

Fisura ani merupakan suatu kondisi ketika adanya robekan pada kulit anus dan perdarahan pada bagian bawah ini biasanya mengeluarkan darah yang berwarna merah terang.

3. Fitsula ani

Fitsula ani berbeda dengan fisula ani. Fitsula ani merupakan penggambaran pembentukan saluran kecil antara ujung usus dan kulit di sekitarnya.

4. Tukak Lambung

Adanya cedera atau pendarahan pencernaan di saluran ini yang terjadi akibat polip yaitu tumor jinak yang tumbuh pada jaringan lain.

Gelaja parah yang umum terjadi yaitu buang air besar berdarah yang disertai berat badan menurun, diare hingga sakit perut.

Cara mengobati buang air besar berdarah

Setelah mengetahui apa saja penyebab buang air besar berdarah, lalu bagaimana cara mengobati buang air besar berdarah, berikut diantaranya:

1. Tidak tegang saat buang air besar

2.  Duduk di air hangat selama 15 menit setelah BAB

3.  Memperbanyak konsumsi serat dalam makanan

4.  Perbanyak minun air putih

5.  Mengkonsumi obat pencahar kotoran jika diperlukan

6.  Jika buang air besar berdarah, maka tingkatkan mengkonsumsi makanan dibawah ini:

7.  Banyak mengkonsumsi buah-buahan seperti pepaya, apel dan buah bit

8.  Perbanyak konsumsi sayuran hijau

9.  Perbanyak konsumsi Biji Chia

10. Perbanyak konsumsi Tempe

11.  Perbanyak konsumsi Jahe

12. Perbanyak konsumsi ikan Salmon

13. Perbanyak konsumsi Yoghurt untuk melancarkan BAB.

Selain memperbanyak konsumsi makanan yang berserat, jangan lupa perbanyak olahraga dan mengurangi gaya hidup yang tidak sehat.

Demikian ulasan mengenai cara mengobati buang air besar berdarah, semoga menambah wawasan dan bermanfaat bagi kita semua.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak