facebook

Negara Ini Ibukotanya Lima, Inilah 5 Fakta Tentang Negara Peru!

Ahmad Irfan Ramadhan
Negara Ini Ibukotanya Lima, Inilah 5 Fakta Tentang Negara Peru!
Machu Picchu, Peru. (Unsplash.com)

Peru adalah salah satu negara yang terletak di Benua Amerika bagian selatan. Dengan luas sekitar 496.224 mil persegi (1.285.216 kilometer persegi), menjadikannya negara terluas ke-20 di dunia. Peru merupakan bekas jajahan Negara Spanyol, tak heran jika bahasa resmi negara ini adalah Bahasa Spanyol.

Menyadur dari www.worldatlas.com berikut ini adalah 5 fakta tentang Negara Peru.

1. Ibukotanya Lima

Lima adalah ibukota sekaligus kota terbesar di Peru. Dengan jumlah penduduk berjumlah 9,7 juta jiwa menjadikannya yang tertinggi di Peru.

2. Dijuluki "Negeri kentang"

Peru adalah salah satu negara dengan keanekaragaman hayati kentang yang luar biasa. Dari hampir 5.000 varietas kentang yang ditemukan di seluruh dunia, lebih dari 3.500 varietas ditanam di Peru. Kentang yang ditanam di Peru memiliki dalam berbagai warna, bentuk, dan rasa.

3. Garis-garis Nazca yang misterius dapat dilihat di Peru

Lekukan yang dibuat di tanah Gurun Nazca Peru mewakili sekelompok geoglyph besar yang terbentuk antara 500 SM-500 M disebut dengan Garis Nazca. Namun, banyak dari garis-garis ini bukan hanya garis tetapi desain figuratif tumbuhan dan hewan. Lapisan atas tanah dan kerikil dihilangkan untuk memperlihatkan lapisan tanah kuning abu-abu di mana garis-garis ini tergores. Masih banyak perdebatan tentang apa tujuan dibuatnya garis ini dan siapa yang membuatnya. Beberapa teori bahkan sampai menghubungkan Garis Nazca dengan alien. Misteri tersebut masih belum terpecahkan hingga saat ini.

4. Salah satu dari 7 keajaiban di dunia ada di Peru

Salah satu situs arkeologi paling terkenal di dunia, benteng Inca Machu Picchu ada di Peru. Terletak di gunung setinggi 2.430 m di Cordillera Timur Peru. Dibangun pada abad ke-15 dan berfungsi sebagai ikon peradaban Inca yang paling terkenal. Selama berabad-abad, situs tersebut sebagian besar tetap diabaikan sampai menjadi perhatian global oleh seorang sejarawan Amerika pada tahun 1911. Machu Picchu memberikan bukti cara hidup Suku Inca, agama, dan budaya mereka. Pada tahun 1983, situs ini terdaftar sebagai situs warisan dunia UNESCO. Pada tahun 2007, Machu Picchu ditetapkan sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia. 

5. Pegunungan pelangi

Peru memiliki salah satu tempat wisata yang indah di dunia, Gunung Ausangate di Andes Peru. Terletak di ketinggian 6.384 m dan sangat sulit dijangkau. Gunung ini bergaris-garis dengan warna mulai dari merah marun dan emas hingga pirus dan lavender. Untuk mendaki gunung ini diperlukan waktu berhari-hari.

Itulah fakta tentang Negara Peru. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak