facebook

Tanggapi Kekalahan Indonesia dari Thailand, Wasit Jadi Kambing Hitam

Moh. Afaf El Kurniawan
Tanggapi Kekalahan Indonesia dari Thailand, Wasit Jadi Kambing Hitam
Tanggapi Kekalahan Indonesia dari Thailand, Wasit Jadi Kambing Hitam. (Instagram / @halamangarudafans)

Kekalahan Timnas Indonesia U-23 atas Thailand dengan skor 1-0 di pertandingan semifinal SEA Games pada Kamis (19/5/2022) tak lepas dari keputusan wasit yang oleh netizen dinilai sangat merugikan skuad Garuda Muda.

Netizen menjadikan wasit sebagai kambing hitam atas kekalahan Indonesia dari Thailand. Pasalnya dalam laga tersebut banyak keputusan kontroversial yang merugikan Indonesia. 

Kinerja wasit menjadi sorotan setelah tendangan bebas Syahrian Abimanyu yang mengenai tangan pemain Thailand di area kotak penalti tidak dihitung sebagai handball.

"Sebenernya gua paling males nyalahin wasit dlem prtandingan tapi kalo yang ini jelas depan mata handsball dibiarin halal untuk di bully," ungkap salah seorang netizen di Twitter.

Selain itu, hujan kartu merah di akhir pertandingan juga dinilai sangat merugikan Indonesia, pasalnya anak asuh Shin Tae-yong masih memiliki laga dalam perebutan medali perunggu SEA Games. Tercatat, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, dan Firza Andika menerima kartu merah di akhir-akhir pertandingan.

Menanggapi kekalahan tersebut, ada netizen yang mengatakan tidak apa-apa timnas Indonesia kalah, mau sebagus apapun permainannya kalau sudah melawan wasit maka akan sulit untuk dipahami.

"Gpp kalah solanya mau sebagus apa pun mainnya kalau lawannya wasit sulit untuk dipahami, ditambah emosi bngt liat pemain thai yang songong ditambah cewe di official nya kaya naon sih sia riweh," ungkap salah seorang netizen di Twitter.

"Enggak papa kalah satu kosong yang penting kita main secara sportif dan untuk wasit pilih kasihhhh Jan punya masalah apa looo ma Indonesia haha seharusnya lawan banyak dapet kartu kuning tapi malah di diemin," kata netizen lainnya.

"Terlalu berpihak ke thailand si wasit ini, terlihat adil didalam lapangan ujung2 Indonesia terprovokasi akibat pemain thailand kebanyakan drama di lapangan," ucap netizen yang satunya.

Ada juga netizen yang menengahi dengan cara meminta publik untuk tidak menyalahkan wasit dan mengakui akan kualitas permainan Timnas Indonesia.

"Tidak di stadion tidak disosmed, wasit yang disalahkan, wasit dipisuhi. Akui sajalah kemampuan kita memang baru segitu. Banyak yang harus dibenahi banyak sekali, jauh sekali dari level pro. Wes ngono wae salam NKRI," ungkap netizen.

"Gausa ngatain wasit doang , kuliatas pemain kita selain yang aboard masih setara buat lawan timor leste dan kawan kawanya," kata netizen lainnya.

Kontributor : Moh. Afaf El Kurnia

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak