facebook

Berbatasan Langsung dengan 7 Negara, Inilah 10 Fakta Singkat Niger!

Ahmad Irfan Ramadhan
Berbatasan Langsung dengan 7 Negara, Inilah 10 Fakta Singkat Niger!
Peta Negara Niger yang berbatasan langsung dengan 7 negara.(Unsplash.com)

Niger adalah salah satu negara yang terletak di sebelah barat Benua Afrika. Ibukota negara ini adalah Niamey. Jika kamu ingin berkunjung ke negara ini, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa saja fakta-fakta yang ada di negara ini. Menyadur dari www.factsinstitute.com berikut ini adalah 10 fakta singkat tentang Niger.

1. Niger adalah negara yang terletak di barat Afrika yang berbatasan langsung dengan tujuh negara, yaitu Aljazair, Benin, Burkina Faso, Cad, Libia, Mali dan Nigeria. 

2. Para ahli mengatakan bahwa Niger telah dihuni selama sekitar 60.000 tahun.

3. Niger adalah negara yang terkurung daratan karena sepenuhnya dikelilingi oleh daratan tanpa akses ke laut lepas. Saat ini ada 45 negara seperti itu dan lima negara yang diakui sebagian. Negara-negara yang terkurung daratan seringkali menghadapi tantangan ekonomi karena kerugian yang disebabkan oleh kurangnya akses laut.

4. Niger adalah salah satu negara termiskin di dunia jika diukur dengan PDB per kapita berdasarkan paritas daya beli (PPP). Pada tahun 2020, negara ini berada di peringkat kelima termiskin.

5. Antara abad ke-10 dan ke-18, Niger adalah bagian dari beberapa kerajaan Afrika Barat termasuk kerajaan Kanem-Bornu, Mali dan Songha. Semuanya terlibat dalam perdagangan emas, garam, dan budak.

6. Niger dijajah oleh Perancis pada tahun 1890. Pada tahun 1958, menjadi republik otonom Komunitas Perancis sebelum mencapai kemerdekaan penuh pada tahun 1960.

7. Setelah kemerdekaan, Niger menderita serangkaian kudeta dan ketidakstabilan politik dan baru-baru ini dari kekeringan berulang, pemberontakan, dan meluasnya kemiskinan.

8. Pada tahun 2020, Niger menduduki peringkat sebagai negara paling tidak berkembang di dunia menurut Indeks Pembangunan Manusia PBB (HDI).

9. Bendera Niger bergaris horizontal dengan matahari oranye di garis tengah. Oranye mewakili utara dan timur Niger, sebagian besar ditutupi oleh Sahara. Warna putih bendera melambangkan kemurnian dan kepolosan dan warna hijau melambangkan tanah subur di sepanjang Sungai Niger. Bendera ini mirip dengan bendera nasional Irlandia, Pantai Gading, dan India.

10. Sungai Niger adalah sungai utama Afrika Barat. Dengan panjang 4.200 km (2.600mil) menjadikannya sungai terpanjang ketiga di Afrika setelah Sungai Nil dan Sungai Kongo.

Itulah tadi 10 fakta singkat negara Niger. Bagaimana, apakah kamu tertarik pergi Afrika dan mengunjungi negara ini?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak