facebook

7 Fakta Nigeria, Negara dengan Penduduk Terbanyak di Benua Afrika!

Ahmad Irfan Ramadhan
7 Fakta Nigeria, Negara dengan Penduduk Terbanyak di Benua Afrika!
Potret Kota Lagos, Nigeria.(Unsplash.com)

Nigeria adalah salah satu negara yang terletak di Afrika Barat. Ibukota dari negara ini adalah Abuja. Negara ini terkenal karena menjadi salah satu negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia. Negara ini memiliki beraneka ragam keunikan yang tidak dijumpai di negara lain.

Menyadur dari www.swedishnomad.com berikut ini adalah 7 fakta Nigeria.

1. Nigeria adalah negara dengan jumlah penduduk terbanyak di Benua Afrika

Hampir 200 juta orang tinggal di sini yang menjadikan Nigeria salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Pada 2019, negara ini menjadi negara terpadat ke-7 di dunia. Mayoritas orang Nigeria menganut agama Islam dan Kristen dengan persentase 50% dan 40% dari total populasi.

2. Lebih dari 500 bahasa asli digunakan di seluruh negeri

Nigeria tidak hanya memiliki banyak orang yang tinggal di dalamnya, tetapi juga multikultural. Bahkan, Nigeria menjadi salah satu negara paling beragam di dunia dalam hal bahasa asli yang digunakan sehari-hari. Secara total, para ahli memperkirakan bahwa lebih dari 500 bahasa yang berbeda digunakan. Beberapa bahasa utama adalah Hausa, Igbo, Yoruba, meskipun bahasa Inggris berfungsi sebagai bahasa resmi.

3. Media sosial sangat populer di Nigeria

Nigeria merupakan salah satu negara yang paling maju di Afrika. Sekitar 75% dari total penduduk menggunakan media sosial secara rutin. Uniknya, mayoritas masyarakat lebih banyak menggunakan smartphone dibandingkan komputer atau laptop.

4. Rumah bagi orang terkaya di Afrika

Aliko Dangote adalah seorang pengusaha Nigeria dengan kekayaan bersih setidaknya 10,6 miliar USD. Ketika Forbes meliris daftar 100 orang terkaya di dunia, dia masuk ke dalam daftar tersebut. Ia lahir di Kano dan mendirikan The Dangote Group pada tahun 1977.

5. Minyak adalah salah satu ekspor terbesar negara

Nigeria adalah penghasil minyak mentah yang besar dengan rata-rata 2,5 juta barel per hari. Nigeria memiliki cadangan minyak bumi yang sangat besar dan memainkan peran penting dalam perekonomian Nigeria.

6. Lagos adalah kota terbesar, tapi bukan ibu kota

Abuja adalah ibu kota Nigeria. Kota ini dibangun pada 1980-an dan direncanakan untuk menggantikan Lagos sebagai ibu kota Nigeria bahkan sebelum dibangun. Kota ini menjadi pusat politik dan administrasi negara. Abuja adalah salah satu kota dengan pertumbuhan tercepat di dunia dengan populasi sekitar 6 juta orang di wilayah metropolitannya dan merupakan salah satu kota dengan pertumbuhan tercepat di dunia.

Meskipun demikian, Lagos tetap menjadi kota terbesar di Nigeria dengan populasi lebih dari 21 juta orang, menjadikannya salah satu dari kota terpadat di dunia.

7. Industri film Nigeria dikenal sebagai Nollywood

Jika di Amerika Serikat terdapat Hollywood, di India terdapat Bollywood, di Nigeria juga ada yang namanya Nollywood. Nollywood adalah julukan untuk industri film Nigeria, bahkan lebih besar dari Hollywood. Diperkirakan menjadi nomor dua di dunia setelah Bollywood di India. Sekitar 200 film diproduksi setiap minggu yang berarti Nollywood memproduksi lebih dari 10.000 film per tahun.

Itulah tadi 7 fakta Nigeria. Bagaimana, apakah kamu tertarik mengunjungi negeri "Nollywood" ini?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak