4 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Kuliah Offline

Ichwan Fadhly
4 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Kuliah Offline
ilustrasi mahasiswa (pexels.com)

Tanpa kita sadari, pandemi Covid-19 telah mempengaruhi berbagai sektor kehidupan manusia. Salah satu sektor yang terpengaruh adalah sektor pendidikan. Siswa dan mahasiswa harus belajar secara daring (online) untuk menghambat penyebaran Covid-19.

Bagi mahasiswa, pada semester ini beberapa perguruan tinggi di Indonesia mulai menerapkan sistem belajar dan mengajar secara luring (offline). Tentu akan ada banyak perbedaan antara sistem pembelajaran luring dengan daring. Agar lebih siap menghadapi perkuliahan luring, apa saja yang perlu kita persiapkan?

Berikut adalah hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi perkuliahan luring.

1. Fisik yang Prima

Berjalan Santai (pexels.com)
Berjalan Santai (pexels.com)

Fisik yang prima sangat dibutuhkan untuk menghadapi perkuliahan luring. Jika biasanya anda hanya duduk di rumah sambil menatap layar monitor, kini anda harus bergerak dari rumah/indekos menuju ruang kelas. Sebagai permulaan, anda bisa mulai melakukan olahraga ringan di rumah dan latihan jalan santai di sekitar lingkungan tempat tinggal anda. Dengan latihan jalan santai, nantinya anda akan terbiasa untuk berjalan kaki. Hal ini cukup penting karena beberapa kampus membatasi kendaraan mahasiswa hanya sampai ke tempat parkir. Dari tempat parkir ke gedung fakultas atau ke tempat-tempat lainnya dalam lingkungan kampus, anda diharuskan untuk berjalan kaki.

2. Outfit yang Keren namun Sopan

Outfit atau Pakaian yang Bisa Digunakan Mahasiswa (pexels.com)
Outfit atau Pakaian yang Bisa Digunakan Mahasiswa (pexels.com)

Jika anda mahasiswa baru, anda harus mengetahui bahwa aturan kampus soal berpakaian berbeda jauh dengan aturan berpakaian sekolah. Bila di sekolah siswa ditentukan cara berpakaiannya, berbeda halnya dengan di kampus.

Di beberapa kampus, mahasiswa bebas menentukan pakaian apa yang akan dipakainya asalkan sopan dan rapi. Selain itu, mahasiswa dilarang menggunakan sandal jepit di kampus.  Kebebasan ini membuat mahasiswa selalu ingin tampil gaya dan trendi ketika berada di kampus. Agar selalu terlihat gaya dan trendi, anda harus pintar-pintar dalam menentukan pakaian yang akan anda kenakan ke kampus.

Tidak perlu menyediakan banyak pakaian. Cukup sediakan beberapa atasan dan bawahan yang bisa di mixing agar anda dapat menimbulkan kesan selalu terlihat menggunakan outfit baru.

3. Peta Kampus dalam Ingatan

Berkeliling Kampus Bersama Teman (pexels.com)
Berkeliling Kampus Bersama Teman (pexels.com)

Hal pertama yang harus anda lakukan sebelum mengikuti perkuliahan adalah berkeliling kampus. Sempatkan beberapa hari sebelum perkuliahan dimulai untuk berkeliling kampus. Lihat dan petakan posisi gedung-gedung, tempat-tempat strategis, kantin, dll kedalam ingatan anda. Hal ini bertujuan agar anda lebih mengenal kampus anda. Ketika anda harus pergi ke suatu tempat, anda sudah mengingat posisinya dan jalan mana yang harus anda lalui. Sehingga menghemat waktu dan tenaga.

4. Relasi

Menghabiskan Waktu Bersama Teman-Teman (pexels.com)
Menghabiskan Waktu Bersama Teman-Teman (pexels.com)

Relasi atau kenalan akan sangat diperlukan di dunia perkuliahan. Relasi baik itu teman sekelas, kakak tingkat, kenalan diorganisasi, staf kampus, ataupun pedagang di sekitar kampus akan sangat membantu anda ketika anda memerlukannya. Untuk permulaan, anda bisa memulainya dengan berkenalan dengan orang-orang terdekat seperti teman sekelas. Kemudian perluas relasi anda dengan mengikuti berbagai organisasi atau kegiatan-kegiatan yang ada di kampus. Jika mau, anda juga bisa memperluas relasi anda hingga ke luar kampus. Tidak ada salahnya kan punya banyak teman?

Itulah beberapa hal yang perlu anda persiapkan untuk menghadapi perkuliahan luring. Yang tak kalah penting dari semuanya adalah mental dan pikiran yang sehat agar anda tetap konsisten dalam berkuliah. Karena akan ada banyak hal yang menguras pikiran ketika berada di kampus. Selamat menikmati kehidupan perkuliahan!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak